Ciri Khas yang Menonjol dari EQ Tinggi yang Dinilai Berperan dalam Kesuksesan
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi ciri khas yang menonjol dari EQ. Foto: Unsplash/Alexis Brown
Ilustrasi ciri khas yang menonjol dari EQ. Foto: Unsplash/Alexis Brown

Emotional Quotients (EQ) merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali emosi. Kemampuan ini dinilai berperan dalam kesuksesan. Tak mengherankan jika banyak yang bertanya tentang apa ciri khas yang menonjol dari EQ.

Sebab, anak sekolah sering diminta untuk melaksanakan tes IQ dan EQ. Meski demikian, kemampuan EQ lebih penting daripada IQ dari kemampuannya mengontrol diri.

Ciri Khas yang Menonjol dari EQ

Ilustrasi ciri khas yang menonjol dari EQ. Foto: Unsplash/Jason Coudriet
Ilustrasi ciri khas yang menonjol dari EQ. Foto: Unsplash/Jason Coudriet

Berdasarkan buku Kecerdasan Emosional dan Komitmen Kerja dalam Mempengaruhi Kinerja Karyawan, Indah Yuni Astuti, (2021), ada beberapa ciri khas yang menonjol dari EQ tinggi. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Self Awareness (Kesadaran Diri)

Kesadaran diri yaitu kemampuan seseorang mengetahui perasaan dalam dirinya dan efeknya, serta menggunakannya untuk membuat keputusan.

Bagi diri sendiri hal ini akan memiliki tolok ukur yang realistis dan mempunyai kepercayaan diri yang kuat tanpa harus melanggar norma dan etika yang ada.

2. Self Management (Mengelola Diri)

Mengelola diri adalah kemampuan menangani emosinya sendiri, mengekspresikan, serta mengendalikan emosi. Self management juga berarti memiliki kepekaan terhadap kata hati untuk digunakan dalam hubungan dan tindakan sehari-hari.

3. Motivasi

Motivasi merupakan kemampuan menggunakan hasrat untuk setiap saat dapat membangkitkan semangat dan tenaga untuk mencapai kemajuan yang lebih baik.

Selain itu, sosok yang memiliki motovasi tinggi mampu mengambil inisiatif, bertindak efektif, mampu bertahan menghadapi kegagalan dan menghindari frustasi.

4. Empati

Empati adalah merasakan apa yang dirasakan orang lain dan mampu memahami perspektif serta menimbulkan hubungan saling percaya, menyelaraskan diri dengan berbagai tipe individu.

5. Menjaga Relasi

Menjaga relasi merupakan kemampuan menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain dan mampu menciptakan serta mempertahankan hubungan dengan orang lain, bisa memimpin, bermusyawarah, menyelesaikan perselisihan.

Sehingga kecerdasan emosi merupakan kemampuan untuk menggunakan emosi secara efektif dalam mengelola diri sendiri dan berhubungan dengan orang lain secara positif.

Baca Juga: Kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ dalam Dunia Psikologi

Itulah penjelasan singkat tentang pertanyaan dari apa ciri khas yang menonjol dari EQ? Dengan ciri-ciri di atas membuat EQ dianggap lebih penting dari IQ. Sehingga dapat menghadapi kehidupan sosial dengan baik.(MZM)

https://kumparan.com/berita-terkini/ciri-khas-yang-menonjol-dari-eq-tinggi-yang-dinilai-berperan-dalam-kesuksesan-21kqku48ywj

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations