Claudia Scheunemann Gabung ke Hamburg SV U-17, Berangkat Bulan Agustus
Claudia Scheunemann akan bermain di Hamburg SV U-17. Pemain Timnas Wanita Indonesia itu bakal berangkat pada Agustus mendatang. Semoga sukses, Clau! @womensfootie_id #bolanita #bola #bolasports #text
Claudia Scheunemann di kantor kumparan, Selasa (15/8/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Claudia Scheunemann di kantor kumparan, Selasa (15/8/2023). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Kabar menggembirakan untuk sepak bola wanita Indonesia. Claudia Scheunemann, pemain Timnas Wanita Indonesia, bakal bermain di Hamburg SV U-17 di Jerman.

Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh ayah Claudia, Ralph Scheunemann, Selasa (2/4) kemarin. Kepada kumparanBOLANITA, Ralph menyebut jika Claudia rencananya bakal terbang ke Jerman di minggu pertama Agustus 2024.

"Claudia sudah masuk di Hamburg SV, dia akan main di tim U-17. Liganya di Jerman kan teratur, ada U-15, U-17-nya. Meskipun 15 tahun, dia (Claudia) akan masuk U-17," tutur Ralph saat memantau seleksi Timnas Wanita U-17 di Lapangan B, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Bahkan, diperkirakan satu tahun main di situ, dia akan masuk U-19. Yang paling penting 'kan banyak latihan dan intensif," imbuh Ralph.

Ralph punya alasan sendiri mengapa ia ingin anaknya bisa bermain atau berkarier di luar negeri. Pria keturunan Indonesia-Jerman itu bilang kalau di luar negeri, khususnya Jerman, punya sistem dan jadwal kompetisi sepak bola wanita yang tertata baik.

Ayah Claudia, Ralph Scheunemann, memantau seleksi Timnas Wanita U-17 Indonesia gelombang ketiga untuk Piala Asia Wanita U-17 2024 di Lapangan ABC, Komplek GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4)  Foto: Aji Nugrahanto/kumparanBOLANITA
Ayah Claudia, Ralph Scheunemann, memantau seleksi Timnas Wanita U-17 Indonesia gelombang ketiga untuk Piala Asia Wanita U-17 2024 di Lapangan ABC, Komplek GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4) Foto: Aji Nugrahanto/kumparanBOLANITA

Dengan bermain di Hamburg SV, Jerman, Claudia diharapkan mampu terus mengasah kemampuannya di bidang sepak bola. Terlebih, menurut Ralph, Hamburg SV punya fasilitas yang jempolan untuk sepak bola wanita.

"Kalau di sini kan Claudia hanya main di SSB Young Warrior kan, meskipun itu nilai tambah yang luar biasa," kata Ralph Scheunemann.

"Bayangkan, di sana (Hamburg) ada sembilan lapangan latihan khusus untuk tim putri. Itu rumputnya beda-beda, ada yang asli, artificial, sampai pasir. Itu khusus buat tim cewek saja," lanjutnya.

Ralph belum bisa memastikan Claudia akan bermain berapa lama di Hamburg SV U-17. Sebab, anaknya masih berusia di bawah 16 tahun, secara peraturan pemain dengan usia tersebut belum bisa menandatangani kontrak profesional. Tapi, Ralph berharap anaknya bisa bermain lama untuk mengembangkan skill sepak bolanya.

Bikin Pelatih Hamburg SV Terkesan

Clau, sapaan akrabnya, sempat melakoni trial dengan beberapa tim wanita di Jerman pada Oktober 2023 lalu. Selama tiga pekan di Jerman, salah satu yang disambangi adalah Hamburg SV.

Saat itu, Ralph menyebut Claudia menjalani beberapa uji coba, salah satunya bermain dengan tim Hamburg SV yang mentas di Divisi 2 Liga Jerman Wanita. Kemampuan Claudia beradaptasi di tim tersebut bahkan sempat membuat pelatih Hamburg SV terkesan.

“Itu usianya di atas 20 tahun, di divisi 2, itu perbedaan umurnya agak jauh. Lalu dia coba ke usia 17 atau 18. Tapi saat melihat Claudia, pelatih terkesan senang dan siap menerima Claudia. Tapi, tetap keputusan ada di tangan orang tua,” tutur Ralph saat dihubungi kumparanBOLANITA 19 Oktober 2023.

Pesepak bola Timnas Wanita Indonesia U-19 Claudia Alexandra Scheunemann (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timor Leste Virginia Fatima Da Silva Branco (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A AFF U-19 Women Championship 2023. Foto: Nova Wahyudi/Antara Foto
Pesepak bola Timnas Wanita Indonesia U-19 Claudia Alexandra Scheunemann (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timor Leste Virginia Fatima Da Silva Branco (kanan) pada pertandingan penyisihan grup A AFF U-19 Women Championship 2023. Foto: Nova Wahyudi/Antara Foto

Upaya untuk meneruskan karier sepak bola di luar negeri kini menjadi salah satu jalan yang paling masuk akal untuk sederet pemain wanita Indonesia. Apalagi, hingga saat ini kompetisi sepak bola wanita di Tanah Air masih belum jelas kapan bergulir lagi.

Dalam setahun terakhir, cukup banyak pemain sepak bola wanita Indonesia potensial yang berkarier di luar negeri. Beberapa di antaranya yakni Zahra Muzdalifah (Cerezo Osaka, Jepang), Helsya Maeisyaroh (FC Ryukyu, Jepang), hingga Fani Supriyanto (Al Hammh, Arab Saudi).

"Dengan beberapa pemain Indonesia yang sudah main di luar (negeri), ada si Helsya, Zahra, lalu si Awi. Jadi ya kita (punya) kesempatan (dan) harapan, mudah-mudahan mereka ini bisa menjadi cikal bakalnya timnas ke depan," pungkas Ralph Scheunemann.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/claudia-scheunemann-gabung-ke-hamburg-sv-u-17-berangkat-bulan-agustus-22Tw7S0vZqP

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations