Contoh Sikap terhadap Hasil Keputusan Musyawarah yang Wajib Dilakukan
Oleh Berita Terkini
Bagaimana Sikapmu Terhadap Hasil Keputusan Musyawarah! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/phyo min
Bagaimana Sikapmu Terhadap Hasil Keputusan Musyawarah! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/phyo min

Musyawarah merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang harus dikedepankan oleh bangsa Indonesia. Musyawarah juga menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia, lalu bagaimana sikapmu terhadap hasil keputusan musyawarah?

Sebagai warga negara yang baik dan juga taat pada hukum yang berlaku, maka seseorang harus saling menghargai. Termasuk dalam hal menghargai keputusan dari hasil musyawarah.

Bagaimana Sikapmu Terhadap Hasil Keputusan Musyawarah di Kehidupan Sehari-hari? Ini Contohnya

Bagaimana Sikapmu Terhadap Hasil Keputusan Musyawarah! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Claire Nakkachi
Bagaimana Sikapmu Terhadap Hasil Keputusan Musyawarah! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Claire Nakkachi

Dikutip dari buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 karya Christiana Umi, (2020) pengertian dari musyawarah adalah satu bentuk upaya pengambilan keputusan bersama yang sesuai dengan nilai budaya bangsa Indonesia yang demokratis.

Namun, musyawarah tidak cukup hanya sampai pada prosesnya saja. Hasil keputusan musyawarah juga harus dihormati dan dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat, baik yang setuju maupun yang tidak setuju.

Ini adalah sikap yang wajib dilakukan agar musyawarah dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Lalu bagaimana sikapmu terhadap hasil keputusan musyawarah? Berikut adalah contoh yang bisa ditiru.

  1. Menerima hasil keputusan musyawarah dengan lapang dada dan tanpa rasa paksaan. Ini menunjukkan bahwa kita menghargai proses musyawarah yang telah berlangsung dengan demokratis dan adil.

  2. Menjalankan hasil keputusan musyawarah dengan penuh tanggung jawab dan konsisten. Ini menunjukkan bahwa kita menghormati hasil musyawarah yang telah disepakati bersama dan berkomitmen untuk mewujudkannya.

  3. Mendukung hasil keputusan musyawarah dengan memberikan saran, masukan, atau bantuan yang diperlukan. Ini menunjukkan bahwa kita peduli dengan hasil musyawarah dan ingin membantu kesuksesannya.

  4. Mengawasi hasil keputusan musyawarah dengan melakukan evaluasi, monitoring, atau kontrol secara berkala. Ini menunjukkan bahwa kita bertanggung jawab atas hasil musyawarah dan ingin memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan tujuan dan harapan bersama.

  5. Menghormati hasil keputusan musyawarah dengan tidak memberi kritik, menentang, atau menggagalkannya secara semena-mena. Ini menunjukkan bahwa kita menghargai proses dan hasil musyawarah yang telah melibatkan semua pihak dan mencerminkan kepentingan bersama.

Baca juga: Apakah Kita Boleh Memaksakan Pendapat saat Musyawarah? Inilah Jawabannya

Itulah penjelasan mengenai bagaimana sikapmu terhadap hasil keputusan musyawarah di kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki sikap terhadap hasil keputusan musyawarah yang wajib dilakukan ini, dapat menjaga keharmonisan, kerjasama, dan solidaritas antara semua pihak yang terlibat. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/contoh-sikap-terhadap-hasil-keputusan-musyawarah-yang-wajib-dilakukan-229MqhgrLrb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations