Delapan Lionesses di Antara 23 Nominasi FIFA FIFPro World 11 2023
Sebanyak delapan pemain Timnas Wanita Inggris (Lionesses) masuk dalam nominasi FIFA FIFPro World 11. Siapa saja mereka?

#bolanita #bola #bolasports #text
Selebrasi pemain Timnas Wanita Inggris usaimencetak gol ke gawang Timnas Wanita Australia pada pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Australia, Sydney, Australia, Rabu (16/8/2023).  Foto: Amanda Perobelli/REUTERS
Selebrasi pemain Timnas Wanita Inggris usaimencetak gol ke gawang Timnas Wanita Australia pada pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Australia, Sydney, Australia, Rabu (16/8/2023). Foto: Amanda Perobelli/REUTERS

Rabu (3/1) kemarin, FIFA dan FIFPro mengumumkan 23 nama pesepak bola wanita top dunia yang masuk sebagai nomine FIFA FIFPro World 11. Delapan di antaranya merupakan pemain Lionesses atau Timnas Wanita Inggris.

Mary Earps, peraih Sarung Tangan Emas di Piala Dunia Wanita 2023, adalah salah satunya. Ia bersanding dengan dua penjaga gawang yang tak kalah hebatnya, yakni Mackenzie Arnold dari Australia dan Alyssa Naeher dari Amerika Serikat.

Jika melihat rekam jejak dan capaian Mary Earps sepanjang 2023, bukan hal yang mustahil apabila kiper Manchester United itu jadi penjaga gawang yang masuk ke dalam daftar 11 pemain FIFA FIFPro 2023. Jika itu terjadi, Earps akan menjadi orang pertama yang berhasil memutus dominasi Christiane Endler, kiper Timnas Chile, yang tiga tahun berturut-turut masuk skuad FIFA FIFPro 11.

Di posisi bek atau pemain bertahan, dua pemain Lionesses yakni Lucy Bronze dan Alex Greenwood, juga turut dinominasikan. Mereka bersanding dengan dengan Olga Carmona (Spanyol), Amanda Ilestedt (Swedia), Ashley Lawrence (Kanada), Maria Leon (Spanyol), dan Irene Paredes (Spanyol).

Ini adalah kali keenam Lucy Bronze masuk dalam nominasi. Sejak 2017 sampai 2022, pemain Barcelona Femeni itu selalu terpilih, menjadi salah satu bek di FIFA FIFPro World 11.

Sementara itu, di posisi gelandang, ada tiga nama pemain Lionesses yang menjadi nominenya. Mereka adalah Georgia Stanway, Ella Toone, dan Keira Walsh. Tahun lalu, Keira Walsh berhasil menjadi salah satu dari tiga gelandang di FIFA FIFPro World 11 2022.

Terakhir, ada Lauren James dan Alessia Russo yang masuk dalam nominasi FIFA FIFPro World 11 2023 untuk posisi striker atau penyerang. Keduanya bersanding dengan para jagoan di empat negara berbeda: Jennifer Hermoso & Salma Paralluelo (Spanyol), Sam Kerr (Australia), Alex Morgan (Amerika Serikat), serta Alexandra Popp (Jerman).

Tantangan yang sulit bagi James dan Russo? Memang. Namun, jika melihat kiprah keduanya di Piala Dunia Wanita 2023, kesempatan itu tidak benar-benar tertutup.

Di turnamen empat tahunan itu, baik James maupun Russo sama-sama menyumbang tiga gol untuk Lionesses. Keduanya pun berhasil membawa Inggris menjadi finalis Piala Dunia Wanita untuk kali pertama dalam sejarah

Adapun FIFA dan FIFPro akan mengumumkan ke-11 pemain sepak bola wanita yang terpilih ke dalam skuad FIFA FIFPro World 11 2023 pada Senin (15/1) di The Best Football Awards, London, Inggris.

Pemain Timnas Wanita Australia Katrina Gorry dan Ellie Carpenter berebut bola dengan pemain Timnas Wanita Inggris Alessia Russo pada pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Australia, Sydney, Australia, Rabu (16/8/2023).  Foto: Amanda Perobelli/REUTERS
Pemain Timnas Wanita Australia Katrina Gorry dan Ellie Carpenter berebut bola dengan pemain Timnas Wanita Inggris Alessia Russo pada pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Australia, Sydney, Australia, Rabu (16/8/2023). Foto: Amanda Perobelli/REUTERS

23 Pesepakbola Wanita yang Masuk Nominasi FIFA FIFPro 11 2023

  • Penjaga Gawang: Mackenzie Arnold (West Ham United, Australia), Mary Earps (Manchester United, Inggris), Alyssa Naeher (Chicago Red Stars, Amerika Serikat)

  • Bek: Lucy Bronze (Barcelona, Inggris), Olga Carmona (Real Madrid, Spanyol), Alex Greenwood (Manchester City, Inggris), Amanda Ilestedt (Arsenal, Swedia), Ashley Lawrence (Chelsea, Kanada), Maria Leon (Barcelona, Spanyol), Irene Paredes (Barcelona, Spanyol)

  • Gelandang: Aitana Bonmati (Barcelona, Spanyol), Claudia Pina (Barcelona, Spanyol), Fridolina Rolfo (Barcelona, Swedia), Georgia Stanway (Bayern Muenchen, Inggris), Ella Toone (Manchester United, Inggris), Keira Walsh (Barcelona, Inggris)

  • Striker: Jennifer Hermoso (Tigres, Spanyol), Lauren James (Chelsea, Inggris), Sam Kerr (Chelsea, Australia), Alex Morgan (San Diego Wave, Amerika Serikat), Salma Paralluelo (Barcelona, Spanyol), Alexandra Popp (Wolfsburg, Jerman), Alessia Russo (Arsenal, Inggris)

https://kumparan.com/kumparanbolanita/delapan-lionesses-di-antara-23-nominasi-fifa-fifpro-world-11-2023-21tuSZkqUM9

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations