Dorong Reformasi Birokrasi, Pemkab Sitaro Segera Susun Peta Proses Bisnis
Oleh Manado Bacirita
ASN di Kabupaten Sitaro
ASN di Kabupaten Sitaro

SITARO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro terus mengupayakan percepatan reformasi birokrasi di lingkungan kerja instansi pemerintah. Salah satunya dengan melaksanakan penyusunan peta proses bisnis di jajaran instansi pemerintah.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sitaro, Daviet Jacob, mengatakan jika peta proses bisnis adalah instrumen penting dalam rangka percepatan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurutnya, peta proses bisnis akan membantu mengidentifikasi, menganalisis, dan menyempurnakan proses kerja yang ada.

“Dengan menyusun peta proses bisnis, kita dapat mengetahui secara jelas siapa pelaku, apa yang menjadi input dan output, aktivitas, dan indikator kinerja dari setiap proses kerja yang kita lakukan,” ujarnya.

Lanjut dijelaskan, setelah tahu apa yang akan dilakukan lewat peta yang disusun, maka hal itu akan memangkas proses yang tidak perlu serta mengurangi biaya dan sumber daya, di mana akan meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas.

Sementara, untuk memberikan pemahaman terkait dengan penyusunan peta proses bisnis itu, pemerintah baru-baru ini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Sitaro.

Kegiatan ini juga sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, serta Peraturan MenPAN-RB Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis, dan Peraturan MenPAN-RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja Pada Instansi Pemerintah.

"Melalui Bimtek ini, kami berharap peserta memahami dan menerapkan konsep, metode, dan teknik penyusunan peta proses bisnis sesuai dengan standar yang ditetapkan," ujar Daviet kembali.

franky salindeho

https://kumparan.com/manadobacirita/dorong-reformasi-birokrasi-pemkab-sitaro-segera-susun-peta-proses-bisnis-21icAkTxqiC

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations