DPRD Kalbar Minta Pemkot Pontianak Perbaiki Drainase untuk Atasi Masalah Banjir
Oleh Hi Pontianak
Genangan air di Jalan A.Yani Pontianak setelah turun hujan lebih dari satu jam beberapa waktu yang lalu. Foto: Istimewa
Genangan air di Jalan A.Yani Pontianak setelah turun hujan lebih dari satu jam beberapa waktu yang lalu. Foto: Istimewa

Ketua Komisi V DPRD Kalimantan Barat, Heri Mustamin minta Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak memperbaiki drainase untuk atasi masalah banjir.

"Saya sudah mengingatkan, bahwa kalau penataan drainase di Kota Pontianak itu hanya ditata dengan model sekarang ini, lalu tidak ada jalan untuk keluarnya air maka pasti akan terjadi seperti itu terus. Kita ini kan lahir dari kota seribu parit, nah sekarang kita cari ada berapa parit yang tidak ditimbus hari ini? Sekarang semua nya sudah ditimbus," ungkap Heri.

Menurutnya, sebelum memperbaiki drainase sebaiknya dilakukan dulu normalisasi parit-parit yang saat ini sudah tidak memiliki jalan air.

"Kalau memang mau mengatasi genangan kah, banjir kah, kembalikan normalisasi parit baru penataan drainase lebih lanjut. Persoalan normalisasi parit harus dituntaskan. Itu kunci terakhir," ujarnya.

Heri menambahkan, banjir saat ini menjadi persoalan serius yang dihadapi Kota Pontianak. Pasalnya, hujan hanya dalam waktu beberapa jam saja sudah langsung terjadi banjir.

"Coba kita lihat sekarang, paritnya sudah ditutup, drainasenya berantakan, ini yang menjadi masalah. Dan ini persoalan serius. Kalau sekarang ini sebenarnya bukan banjir, tapi genangan. Genangan saja sudah seperti itu, hujan beberapa jam saja sudah sulit melakukan sirkulasi air," tambahnya.

https://kumparan.com/hipontianak/dprd-kalbar-minta-pemkot-pontianak-perbaiki-drainase-untuk-atasi-masalah-banjir-22RuSxDEdUQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations