Dubes Inggris Sampaikan Surat dari PM Rishi Sunak untuk Prabowo, Apa Isinya?
Dubes Inggris Sampaikan Surat dari PM Rishi Sunak untuk Prabowo, Apa Isinya? #newsupdate #update #news #text
Dubes Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey bertemu Menhan sekaligus Capres 02 Prabowo Subianto. Foto: Twitter/@DomJermey
Dubes Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey bertemu Menhan sekaligus Capres 02 Prabowo Subianto. Foto: Twitter/@DomJermey

Duta Besar Inggris untuk RI, Dominic Jermey, bertemu langsung dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan RI, pada Jumat (16/2).

Dalam pertemuan tersebut, Jermey menyampaikan sebuah surat berisi ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak — menyusul klaim kemenangan paslon 02 Prabowo-Gibran pada pemilu 2024 atas hasil quick count yang unggul jauh di berbagai lembaga survei.

Lantas, apa isi dari surat tersebut?

Menurut postingan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, surat tersebut dikirim langsung dari kantor Perdana Menteri Sunak di 10th Downing Street, London. Tertanggal 16 Februari 2024, Sunak sebutan 'Pak Prabowo' tampak disematkan di bagian awal surat itu.

Berikut adalah isi surat dari Sunak yang disampaikan Jermey kepada Prabowo:

"Yang Mulia Pak Prabowo, saya ingin menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Anda dalam Pemilihan Presiden Indonesia minggu ini.
Tahun ini menandai peringatan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris. Saya senang bahwa kita telah mencapai banyak hal bersama melalui Peta Jalan Inggris-Indonesia. Saya berharap kita dapat mengembangkan hubungan bilateral kita lebih jauh lagi menjadi Kemitraan Strategis yang sejati, dengan kemakmuran ekonomi dan keamanan sebagai intinya, termasuk bekerja sama untuk mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.
Kami memiliki begitu banyak bidang kolaborasi bersama. Saya berkomitmen untuk memperdalam hubungan perdagangan Inggris-Indonesia dan telah mendukung keanggotaan Indonesia untuk bergabung dengan OECD. Inggris juga akan terus bekerja sama dengan Indonesia dalam isu-isu penting seperti perubahan iklim melalui Kemitraan Transisi Energi Berkeadilan. Hubungan antarmasyarakat yang semakin erat antara kedua negara juga merupakan prioritas. Saya sangat menantikan untuk mengembangkan kemitraan yang kuat dengan Anda di tahun-tahun mendatang. Sekali lagi, selamat atas keberhasilan pemilihan Anda,".

Dalam suratnya, Sunak mengisyaratkan keberlanjutan kerja sama di bidang ekonomi dan keamanan dengan pemerintahan Indonesia yang baru. Sunak kembali menekankan dukungannya agar Indonesia dapat bergabung dengan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organization for Economic Cooperation and Development/OECD).

Selain itu, Sunak juga berharap Inggris dan Indonesia dapat berlanjut ke tahap hubungan bilateral yang lebih erat di bawah kerangka Mitra Kerja Sama Strategis.

Menhan Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris pada 22-24 Maret 2021. Foto: KBRI London
Menhan Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris pada 22-24 Maret 2021. Foto: KBRI London

Selain Sunak, sejumlah pemimpin dunia lainnya juga telah memberikan ucapan selamat kepada Prabowo. Di antaranya terdapat PM Belanda Mark Rutte, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Australia Anthony Albanese, hingga Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

Per Sabtu (17/2), hasil perolehan perhitungan suara pemilu 2024 dalam real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mencapai 64,90 persen. Hasilnya, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran masih unggul dengan perolehan suara di atas 50 persen.

Hal ini berdasarkan suara masuk: 534.313 dari 823.236 TPS (64,90%)

Berikut hasil selengkapnya:

Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar: 24,61 persen

Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming: 57,48 persen

Ganjar Pranowo - Mahfud MD: 17,91 persen.

Dengan demikian, paslon 02 Prabowo-Gibran memiliki kemungkinan besar akan melenggang menang pemilu 2024 dengan satu putaran.

https://kumparan.com/kumparannews/dubes-inggris-sampaikan-surat-dari-pm-rishi-sunak-untuk-prabowo-apa-isinya-22Bmvoo2aUo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations