Ekspor China Tumbuh 0,5 Persen, Usai Anjlok Selama 6 Bulan
Ekspor China akhirnya bisa tumbuh setelah enam kali anjlok. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pelabuhan Ningbo-Zhoushan di China. Foto: Reuters
Pelabuhan Ningbo-Zhoushan di China. Foto: Reuters

Ekspor China akhirnya tumbuh usai enam kali anjlok. Tumbuhnya ekspor China ditopang oleh penetapan harga diskon untuk mengatasi kemerosotan permintaan yang berkepanjangan.

Mengutip Reuters, Kamis (7/10) ekspor Tiongkok di November tumbuh 0,5 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Berdasarkan data Bea Cukai China, neraca perdagangan surplus sebesar USD 68,39 miliar pada November 2023 dari USD 56,53 miliar di bulan sebelumnya. Angka ini lebih besar dari ekspektasi analis yang memperkirakan surplus sebesar USD 58 miliar.

Sementara impor China secara tidak terduga turun. Impor pada November 2023 mencatatkan penurunan sebesar 0,6 persen, setelah mengalami kenaikan 3,0 persen pada Oktober 2023.

“Peningkatan ekspor secara umum sejalan dengan ekspektasi pasar. Pertumbuhan ekspor Tiongkok secara berurutan dalam beberapa bulan terakhir telah menguat,” kata Kepala Ekonom Pinpoint Asset Management, Zhiwei Zhang.

“Ada kemajuan dalam data ekspor negara-negara Asia lainnya dalam beberapa bulan terakhir.”

Mobil untuk diekspor di pelabuhan Lianyungang, China. Foto: China Daily via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.     TPX IMAGES OF THE DAY
Mobil untuk diekspor di pelabuhan Lianyungang, China. Foto: China Daily via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT. TPX IMAGES OF THE DAY

Ekspor Korea Selatan, yang merupakan salah satu ukuran kesehatan perdagangan global, naik di bulan kedua di bulan November. Didukung oleh ekspor chip, yang menghentikan penurunan selama 15 bulan.

"Perdagangan dengan negara-negara utama Tiongkok juga memberikan gambaran yang baik, dengan ekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan dan Taiwan semuanya meningkat pada bulan Oktober," ungkapnya.

Berdasarkan catatan kumparan, pada Oktober lalu, Bank Dunia mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi China pada 2024, jadi tak sampai 4,5 persen yakni hanya 4,4 persen.

Pemerintah China sendiri juga menurunkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada 2024 untuk negara-negara berkembang di Asia Timur dan Pasifik, termasuk negaranya sendiri, jadi 4,5 persen. Angka itu turun dari prediksi pada April 2023 yang masih sebesar 4,8 persen.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ekspor-china-tumbuh-0-5-persen-usai-anjlok-selama-6-bulan-21iulp6uoFf

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations