El Nino Mengancam, Mendag Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok
Mendag pastikan ketersediaan bahan pokok di dalam negeri, meskipun ada ancaman El Nino. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Kemendag
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Kemendag

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan menjamin ketersediaan bahan pokok yang terancam menjelang fenomena alam El-Nino. Zulhas mengatakan, situasi ekonomi sekarang secara umum stabil, sehingga dari segi ketersediaan dan harga bahan pangan akan stabil pula ke depannya.

"Kita memang ada El Nino, yang menyebabkan banyak negara sekarang melarang makanannya untuk diekspor, apalagi ada (konflik) Russia Ukraina, tetapi kita syukuri inflasi kita kemarin Juni 3,6, artinya harga-harga stabil, semua stabil," jelas Zulhas ketika ditemui di Asrama Haji Medan, setelah membuka Festival Muktamar IPM ke-23, Jumat (18/7).

Ia menjelaskan pemerintah telah menyiapkan cadangan beras untuk mempersiapkan dampak El-Nino, seperti gagal panen yang berpotensi menyebabkan pasokan beras langka.

"Stok beras kita cukup ada 1,3 (juta ton), walau kita ingin banyak lagi, Bapanas lagi cari tambahan, tapi cukup besarkan 1,3 (juta ton), karena itu harga di pasar terkendali, telur turun, ayam turun, cabai dan seterusnya," tambah Zulhas.

Ia mengingatkan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak melakukan panic buying. "Jadi masyarakat tenang, tidak usah stok berlebihan, karena ketersediaan bahan pokok aman. Beras bulog 1,2 juta stoknya. Saya kira soal makanan, kita terjaga dan harganya," jelas dia.

Kemudian terkait impor daging, Mendag mengatakan sedang berupaya mencari negara supplier baru, sehingga tidak terlalu bergantung kepada Australia. Negara eksportir yang potensial yang diincar seperti Amerika Latin dan Afrika.

"Memang soal ini kan kita (impor daging) dari Australia, berikutnya kita (usahakan) ada tambahan yang lain, sehingga harganya bisa bersaing. Kalau satu negara saja kan harganya diatur, beli dagingnya mahal, makanya sumbernya diperbanyak," ungkap Zulhas.

"(Sumbernya) bisa Amerika Latin, bisa dari Afrika, Eropa, di Amerika Latin ada Brasil, dan lain-lain," pungkasnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/el-nino-mengancam-mendag-pastikan-ketersediaan-bahan-pokok-211JEubAqcQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations