Emma Hayes Tanggapi Seksisme Joey Barton: Enggak Berharap Dia Paham
Emma Hayes memberi tanggapan atas pernyataan seksisme yang diucapkan Joey Barton. #bolanita #bola #bolasports #text
Emma Hayes. Foto: Adrian DENNIS / AFP
Emma Hayes. Foto: Adrian DENNIS / AFP

Pelatih Chelsea Wanita, Emma Hayes, baru saja memberi tanggapan atas pernyataan seksisme yang diucapkan Joey Barton. Menurut Hayes, komentar Barton menunjukkan betapa misoginisnya sepak bola bagi wanita di Inggris.

Tapi, Hayes paham betul dengan kondisi tersebut, sehingga ia pun tak berharap banyak Joey Barton bisa memahami soal perkara itu.

"Begini, saya pikir masalah yang lebih luas ditangani. Saya tidak akan mencemari atau melemahkan pembicaraan itu dengan menjadikannya secara personal atau individu. Kenyataannya adalah hak istimewa laki-laki telah menjadi sesuatu yang selalu menjadi pusat sepak bola di negara ini," tutur Hayes dikutip dari Mirror.

"Perempuan dilarang bermain sepak bola hingga 1970-an. Saya tidak mengharapkan individu mana pun untuk memahami keistimewaan mereka, namun Anda hanya perlu melihat banyak wanita di internet atau di dunia bisnis, baik Anda seorang presenter, pelatih, atau pemain, untuk menyadari bahwa kami sering dimanfaatkan dalam sistem misogini, intimidasi, hingga perilaku yang masih lumrah bagi sebagian pegiat sepak bola," sambungnya.

Cepatlah bertobat, Barton! Foto: Reuters/Craig Brough
Cepatlah bertobat, Barton! Foto: Reuters/Craig Brough

Permasalahan ini bermula dari komentar misogini Joey Barton yang merendahkan perempuan di sepak bola Inggris. Eks penggawa Manchester City itu membuat cuitan yang menyulut emosi berbagai pihak.

Melalui akun X-nya, ia menuliskan opini soal kapasitas perempuan di sepak bola putra. Menurutnya, wanita tak boleh mengomentari sepak bola putra terlalu jauh.

"Perempuan tidak boleh bicara dengan otoritas apa pun dalam permainan laki-laki. Ayolah. Mari kita serius sedikit. Ini permainan yang sangat berbeda. Jika Anda tidak menerimanya, kita memang selalu melihat sesuatu secara berbeda. Permainan (sepak bola) wanita sedang berkembang. Fantastis untuk dilihat. Tapi saya tidak bisa menganggap serius apa pun yang mereka katakan di arena putra," tulis Barton melalui akun @Joey7Barton.

Yang dimaksud Joey Barton dalam cuitan tersebut adalah Alex Scott, mantan pemain Arsenal yang kini menjadi pundit di BBC dan Sky Sports. Menurut Barton, sepak bola putra dan putri beda kelas.

"Yang satu (sepak bola pria) sudah berusia 200 tahun, dan yang satu (sepak bola wanita) baru 40 tahun. Permainannya punya kecepatan yang berbeda," lanjut Joey Barton.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/emma-hayes-tanggapi-seksisme-joey-barton-enggak-berharap-dia-paham-21k368kCwIu

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations