Enam Blok Migas yang Dikelola Pertamina di Malaysia
Blok migas SK510 menambah jumlah garapan Pertamina di Malaysia. #bisnisupdate #update #bisnis #text
POD Pertama Lapangan Hidayah di Blok Migas North Madura II yang dikelola Petronas Carigali North Madura II. Foto: Dok. SKK Migas
POD Pertama Lapangan Hidayah di Blok Migas North Madura II yang dikelola Petronas Carigali North Madura II. Foto: Dok. SKK Migas

PT Pertamina (Persero) menambah portofolio blok minyak dan gas (migas) di Malaysia. Terbaru, menggarap blok eksplorasi SK510 usai menang tender di Malaysia Bid Round (MBR) 2023.

Di blok migas ini, Pertamina melalui PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP) dengan hak kelola 25 persen, menggarapnya bersama Petronas Carigali (40 persen), Inpex Malaysia (25 persen), dan Petroleum Sarawak Exploration & Production Sdn. Bhd (10 persen).

Dengan begitu, total ada 6 blok migas yang dikelola PMEP. Rinciannya, hak kelola (PI) di 3 blok produksi-SK309 (25,5 persen), Blok SK311 (25,5 persen), dan Blok K (24 persen), 2 blok eksplorasi-SK510 (25 persen), SK 314A (25,5 persen), dan 1 blok pengembangan dan eksplorasi-Blok H (18 persen kecuali Lapangan Rotan-24 persen).

"PMEP, anak perusahaan PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP), yang berafiliasi dengan PHE, mengelola kegiatan eksplorasi maupun produksi migas di wilayah Sabah dan Sarawak Malaysia dengan tipe kontrak Production Sharing Contract (PSC)," kata Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Danar Dojoadhi, dalam keterangan resmi, Rabu (24/1).

Blok Migas SK510

Blok SK510 seluas 1.864 km2 yang berlokasi di lepas pantai Sarawak, Malaysia adalah area kerja dalam portofolio pengelolaan aset hulu PHE, selaku Subholding Upstream Pertamina.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PHE, Danar Dojoadhi, menjelaskan, Pertamina terus berupaya menguatkan keunggulan yang dimiliki dengan mengambil peluang yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Perusahaan dengan mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) yang baik.

Acara penandatanganan PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP) yang berhasil memenangkan lelang blok eksplorasi SK510 melalui Malaysia Bid Round (MBR) 2023 di Kuala Lumpur, 23 Januari 2024. Foto: Dok. Pertamina
Acara penandatanganan PT Pertamina Malaysia Eksplorasi Produksi (PMEP) yang berhasil memenangkan lelang blok eksplorasi SK510 melalui Malaysia Bid Round (MBR) 2023 di Kuala Lumpur, 23 Januari 2024. Foto: Dok. Pertamina

“Kami meyakini pengelolaan Blok SK510 dapat memperkuat footprint PHE di Malaysia dalam upaya mencapai target Perusahaan dengan meningkatkan pertumbuhan sumber daya migas melalui aset eksplorasi di luar negeri,” tegas Danar.

Danar menerangkan bahwa memperluas wilayah kerja melalui blok eksplorasi baru, baik domestik maupun internasional, sangat penting untuk menjaga keberlanjutan sumber daya energi fosil. PHE juga telah menyelesaikan akuisisi blok migas di beberapa wilayah kerja antara lain; Peri Mahakam & Bunga di kawasan Indonesia Timur, East Natuna di area perbatasan Indonesia-Malaysia-Vietnam, dan Masela di Maluku.

Datuk Ir. Bacho mengatakan memiliki hubungan jangka panjang dengan Pertamina bahkan sebelum kelahiran Petronas, 50 tahun yang lalu, dan hari ini saya senang melihat bahwa Pertamina terus memperluas portofolionya dalam E&P Malaysia.

"Saya berharap upaya bersama ini terus memaksimalkan potensi yang belum tergali di blok-blok tersebut untuk mendukung transisi energi dengan membangun industri hulu yang semakin berkelanjutan," terangnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/enam-blok-migas-yang-dikelola-pertamina-di-malaysia-221jNbRDpTm

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations