Fakta-fakta BI Rilis Fitur Baru QRIS Bisa Transfer dengan Murah
Fakta-fakta peluncuran QRIS Tuntas, bisa melakukan transfer, setor tunai, dan tarik tunai. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pembeli bertransaksi menggunakan QRIS saat membeli tembakau di Lakonte Bacco, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Foto: Asprilla Dwi Adha/Antara Foto
Pembeli bertransaksi menggunakan QRIS saat membeli tembakau di Lakonte Bacco, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Foto: Asprilla Dwi Adha/Antara Foto

Bank Indonesia (BI) baru saja merilis fitur QRIS Tuntas. Melalui fitur baru ini, masyarakat bisa melakukan transfer, setor tunai, dan tarik tunai menggunakan QRIS.

Berikut kumparan rangkum fakta-fakta fitur QRIS Tuntas.

Hadiah Ulang Tahun Indonesia ke 78

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan peluncuran QRIS Tuntas merupakan kado ulang tahun Indonesia ke-78. Tak hanya itu, QRIS Tuntas menjadi wujud komitmen BI dalam digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia.

"Yang kita hadiahkan hari ini QRIS Tuntas. Untuk tarik tunai, transfer, dan juga untuk setor," kata Perry di Kompleks BI, Jakarta, Kamis (17/8).

Biaya Tarik Tunai Hanya Rp 6.500 per Transaksi

Tarik tunai dengan QRIS Tuntas dikenakan biaya Rp 6.500 per transaksi untuk transaksi on us intra Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) melalui agen, dan transaksi on us antar PJP. Sedangkan transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya.

Perry mengatakan tarif itu lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off us saat ini di ATM yang sebesar Rp 7.500, atau tarik tunai melalui agen yang dapat berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per transaksi.

"Makannya, ini hadiah bagi rakyat Indonesia karena murah banget Untuk tarik tunai biayanya Rp 6.500 per transaksi," ungkapnya.

Biaya Transfer Kecil Cuma Rp 2.500

Selanjutnya, untuk tarif transfer menggunakan QRIS Tuntas sama dengan BI Fast yakni Rp 2.500 per transaksi. Bila BI Fast harus memakai akun, QRIS Tuntas bisa menggunakan akun maupun pakai uang elektronik dengan biaya yang sama, yakni Rp 2.500 per transaksi.

Gubernur BI Perry Warjiyo saat launching QRIS Tuntas di Komplek Bank Indonesia, Kamis (17/8/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Gubernur BI Perry Warjiyo saat launching QRIS Tuntas di Komplek Bank Indonesia, Kamis (17/8/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan

Bahkan, untuk transaksi sampai dengan Rp 100.000 per transaksi, menggunakan QRIS Tuntas tarifnya lebih murah lagi yaitu Rp 2.000 per transaksi.

"Sehingga ini menyasar bagi masyarakat kita yang belum terkoneksi kepada rekening bank, pakai uang elektronik. Terutama di daerah 3T, terpencil, terluar, dan juga terjauh di sana, itu biayanya lebih murah," tegas Perry.

Biaya Setor Tunai Rp 5.000

Kemudian, tarif setor tunai menggunakan QRIS Tuntas dikenakan Rp 5.000 per transaksi untuk transaksi on us maupun off us melalui agen. Sedangkan, untuk transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya.

"Lagi-lagi ini juga murah. Jauh lebih murah karena dibandingkan biaya setor tunai melalui agen saat ini yang berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per transaksi," kata Perry.

Perry mengatakan, QRIS Tuntas ini akan bisa digunakan tanggal 1 September 2023, atau paling lambat 30 November 2023.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/fakta-fakta-bi-rilis-fitur-baru-qris-bisa-transfer-dengan-murah-210oPAZCXy2

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations