Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Timbulnya Nasionalisme di Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jelaskan Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Timbulnya Nasionalisme di Indonesia. Sumber: Unsplash/Nick Agus Arya
Ilustrasi Jelaskan Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Timbulnya Nasionalisme di Indonesia. Sumber: Unsplash/Nick Agus Arya

Jelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya nasionalisme di Indonesia! Banyak faktor yang menjadi latar belakang munculnya rasa kebangsaan di Indonesia, salah satunya kejayaan masa lalu.

Bangsa Indonesia berpendapat bahwa kemajuan bangsa dan masyarakat akan terwujud jika adanya sikao nasionalisme yang tinggi.

Jelaskan Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Timbulnya Nasionalisme di Indonesia

Ilustrasi Jelaskan Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Timbulnya Nasionalisme di Indonesia. Sumber: Unsplash/Anggit Rizkianto
Ilustrasi Jelaskan Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Timbulnya Nasionalisme di Indonesia. Sumber: Unsplash/Anggit Rizkianto

Dikutip dari buku Nasionalisme Dalam Dinamika Ketahanan Nasional, Armaidy Armawi, (2019:1), nasionalisme merupakan suatu paham atau aliran yang menyatakan bahwa kesetiaan atau loyalitas tertinggi seorang individu seyogyanya harus diabdikan kepada negara dan bangsanya.

Jelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya nasionalisme di Indonesia! Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Faktor Intern

Faktor intern (dari dalam) yang menyebabkan lahir dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia disebabkan oleh :

1. Kejayaan Bangsa Indonesia sebelum Kedatangan Bangsa Barat

Sebelum kedatangan bangsa Barat, di Indonesia berkembang kerajaan-kerajaan besar seperti Mataram, Sriwijaya, Majapahit dan Demak. Kejayaan masa lampau menjadi inspirasi bagi kaum terpelajar untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

2. Penderitaan Rakyat Akibat Politik Drainage (Pengerukan Kekayaan)

Pada masa kolonial, pemerintah Belanda mengeruk kekayaan melalui pajak tinggi yang dibebankan kepada rakyat. Politik drainage mencapai puncaknya pada masa tanam paksa yang dilanjutkan dengan sistem ekonomi liberal.

3. Diskriminasi Rasial Bangsa Barat

Diskriminasi menjadi hal yang menonjol pada masa kolonialisme dan imperialisme. Pada abad ke 20, pada bidang pertanian tidak semua jabatan tersedia bagi kaum pribumi.

Dengan pendidikan dan keahlian yang sama dengan orang Belanda, kaum pribumi harus menduduki jabatan yang lebih rendah dari jabatan orang Belanda. Pada jabatan yang sama, gaji pribumi jauh lebih kecil dari gaji orang Belanda.

4. Munculnya Golongan Terpelajar

Sejalan dengan diterapkannya Politik Etis, di Indonesia hanya sebagian kecil anak-anak pribumi diperbolehkan mendapatkan pendidikan.

Melalui bahasa asing yang diajarkan di sekolah, para pribumi terpilih ini mampu belajar berbagai ide dan paham yang berkembang di Barat, seperti ide tentang Hak Asasi Manusia, liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.

2. Faktor Ekstern

Lahirnya nasionalisme juga didorong faktor – faktor ekstern (dari luar), seperti :

1. Kemenangan Jepang terhadap Rusia (1904-1905)

Kemenangan Jepang terhadap Rusia pada tahun 1904-1905 mengguncang dunia. Bangsa kulit putih dapat dikalahkan oleh bangsa kulit warna. Kemenangan ini berhasil menunjukkan superioritas bangsa Asia dan Afrika untuk lepas dari penjajahan kulit putih.

2. Kebangkitan Nasionalisme Negara-Negara Asia Afrika

Sebagian bangsa Asia Afrika mulai berusaha keluar dari belenggu bangsa Barat melalui ide nasionalismenya. Berikut adalah negara-negara yang mendorong lahirnya nasionalisme :

  • Nasionalisme Turki dibawah Mustafa Kemal Pasha

  • Pemberontakan rakyat Filipina kepada Spanyol

  • Revolusi Tiongkok

  • Kebangkitan nasionalisme India dibawah Mahatma Gandhi

3. Masuknya Paham-Paham Baru

Paham-paham seperti liberalisme, demokrasi dan nasionalisme mulai muncul setelah Revolusi Prancis dan Revolusi Amerika. Melalui hubungan Eropa dan Asia menyebabkan paham-paham ini menyebar ke Indonesia. Paham-paham tersebut sangat mempengaruhi perkembangan politik pada masa pergerakan nasional.

Baca Juga: Pengertian Nasionalisme dalam Arti Sempit beserta Contohnya

Itulah penjelasan mengenai pertanyaan jelaskan faktor-faktor yang melatarbelakangi timbulnya nasionalisme di Indonesia. Semoga membantu.(glg)

https://kumparan.com/berita-terkini/faktor-faktor-yang-melatarbelakangi-timbulnya-nasionalisme-di-indonesia-22BhMXX0ToJ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations