Garuda Indonesia Buka Rute Baru Denpasar-Sorong PP, Terbang Mulai 24 November
Rute penerbangan Sorong-Denpasar PP akan dilayani setiap hari Jumat dan Minggu. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Ilustrasi Garuda Indonesia.. Foto: Ryan Fletcher/Shutterstock
Ilustrasi Garuda Indonesia.. Foto: Ryan Fletcher/Shutterstock

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memperluas konektivitas penerbangannya sebagai wujud dukungannya terhadap sektor pariwisata nasional. Komitmen tersebut diwujudkan melalui penambahan rute penerbangan baru di wilayah timur Indonesia, yaitu Denpasar-Sorong Pergi Pulang (PP).

Beroperasi mulai 24 November 2023, rute penerbangan ini juga akan menghubungkan Provinsi Papua Barat dengan Provinsi Sulawesi Selatan. Nantinya, penerbangan dari Sorong akan terintegrasi dengan rute penerbangan yang menghubungkan Makassar dan Denpasar.

Ilustrasi Garuda Indonesia. Foto: Dok. Istimewa
Ilustrasi Garuda Indonesia. Foto: Dok. Istimewa

“Melihat berbagai potensi dan peluang yang ada, kami optimistis pengoperasian rute penerbangan ini akan semakin menunjang geliat perekonomian di wilayah Timur Indonesia, khususnya di wilayah Papua, di mana Kota Sorong yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di tanah Papua,” ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan.

Sebagai pusat pertumbuhan di Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara, Makassar dan Denpasar diharapkan dapat turut menjadi akselerator pengembangan potensi Kota Sorong dan Provinsi Papua Barat.

“Besar harapan kami perluasan jaringan penerbangan Garuda Indonesia ini tidak hanya akan meningkatkan konektivitas di wilayah timur Indonesia, namun juga berkontribusi mendorong terwujudnya pembangunan yang merata dan berkelanjutan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya melalui fokus pengembangan pariwisata di Indonesia Timur,” jelas Irfan.

Rute Penerbangan Baru Garuda Indonesia

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Foto: Reuters/Darren Whiteside
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Foto: Reuters/Darren Whiteside

Penerbangan yang menghubungkan dua destinasi unggulan Indonesia, yakni Bali dan Raja Ampat ini akan dilayani setiap hari Jumat dan Minggu dengan pesawat Boeing 737-800NG yang dapat mengangkut sebanyak 162 penumpang (12 penumpang Business Class dan 150 penumpang Economy Class).

Pesawat dengan nomor penerbangan GA-686 dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, pada pukul 02.15 WITA, dan tiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, pada pukul 06.20 WIT.

Adapun penerbangan sebaliknya, pesawat dijadwalkan bertolak dari Sorong dengan GA-621 pada pukul 08.00 WIT, dan tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pada pukul 08.40 WITA. Kemudian, diberangkatkan kembali (dengan nomor penerbangan yang sama) pada pukul 10.55 WITA dan mendarat di Denpasar pada pukul 12.25 WITA.

Untuk menyambut momentum libur akhir tahun, Garuda Indonesia juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan Denpasar-Sorong PP menjadi 3 kali per minggu, yaitu pada hari Kamis, Jumat, dan Minggu, selama bulan Desember 2023 mendatang.

Pengoperasian penerbangan Denpasar-Sorong PP melengkapi rute penerbangan Jakarta-Sorong PP yang telah dioperasikan Garuda Indonesia sebelumnya.

Garuda Indonesia juga menawarkan kemudahan penerbangan yang saling terkoneksi ke berbagai destinasi yang bisa dijangkau melalui Makassar, mulai dari Kendari, Gorontalo, Palu, hingga Jeddah. Serta Sorong dengan berbagai destinasi internasional yang dapat diakses melalui Denpasar, di antaranya Narita, Melbourne, Singapura, Sydney, dan Seoul.

https://kumparan.com/kumparantravel/garuda-indonesia-buka-rute-baru-denpasar-sorong-pp-terbang-mulai-24-november-21XSdbkyuC8

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations