Gejala Modernisasi yang Tampak di Bidang Budaya Indonesia
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya di Indonesia. Foto: Unsplash/Carl Solder
Ilustrasi jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya di Indonesia. Foto: Unsplash/Carl Solder

Modernisasi dapat memberikan dampak pada setiap elemen kehidupan masyarakat. Sehingga, masyarakat mengalami kemajuan sekaligus menciptakan gejala. Seperti pertanyaan "Jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya!".

Mengapa budaya? Sebab, modernisasi banyak berdampak pada kebudayaan suatu masyarakat. Hal ini juga berlaku untuk kebudayaan yang ada di Indonesia.

Pengertian Modernisasi

Ilustrasi jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya. Foto: Unsplash/Henning Witzel
Ilustrasi jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya. Foto: Unsplash/Henning Witzel

Dikutip dari buku Sosiologi Kelas X oleh Farikhah dan Sucik (2022), modernisasi adalah perubahan-perubahan di dalam masyarakat mengenai perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial.

Modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri-ciri negara barat yang stabil.

Modernisasi sangat erat hubungannya dengan perkembangan ke arah kemajuan. Manusia akan selalu membuat inovasi untuk mempermudah kehidupannya dan itu berdampak kepada perubahan pola pikir masyarakat yang lain.

Seperti halnya masuknya teknologi dan informasi, maka dapat dengan mudah merubah pola pikir masyarakat yang tadinya irasional menjadi rasional.

Cepat atau lambat sistem masyarakat sudah dipastikan akan berubah entah itu kearah kemajuan atau malah berupa kemunduran.

Adapun sistem sosial masyarakat terdiri dari empat sektor, yakni sektor sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Keempat sektor tersebut juga turut mengalami modernisasi sehingga baik, sosial, budaya, ekonomi, maupun politik pasti mempunyai gejala modernisasi.

Gejala Modernisasi di Bidang Budaya di Indonesia

Ilustrasi jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya di Indonesia. Foto: Unsplash/Rizky Rahmat Hidayat
Ilustrasi jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya di Indonesia. Foto: Unsplash/Rizky Rahmat Hidayat

Lalu, bagaimana dengan jawaban dari pertanyaan jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya?

Gejala modernisasi yang terjadi pada bidang budaya dapat ditandai melalui budaya tradisional yang tergeser oleh masuknya pengaruh dari budaya dari luar.

Misalnya saja kesenian tradisional wayang orang Bharata yang terdapat di gedung wayang Bharata Jakarta yang kini tampak sepi seolah-olah tak ada pengunjungnya. Contoh lain adalah kesenian Ludruk dari Jawa Timur yang tengah mengalami mati suri.

Gejala modernisasi pada bidang budaya terjadi akibat akulturasi antar dua budaya berbeda. Misalnya pada pada budaya pakaian dengan mencampurkan budaya Indonesia dengan budaya luar negeri.

Selain itu, kesenian khas Indonesia ditampilan dengan mencampurkan budaya luar atau modern agar lebih menarik dan unik.

Baca Juga: Kaitan antara Modernisasi dan Perubahan Sosial Budaya

Meskipun jawaban dari jelaskan gejala modernisasi yang tampak di bidang budaya terlihat buruk, namun orang tidak bisa menahannya. Maka cara agar budaya tetap lestari adalah dengan memperkenalkan ke generasi muda dan juga akulturasi.(MZM)

https://kumparan.com/berita-terkini/gejala-modernisasi-yang-tampak-di-bidang-budaya-indonesia-21dJk0HCAay

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations