Gelar Smexpo 2023, Pertamina Gandeng Pelaku UMKM Penyandang Disabilitas
Pertamina gelar Smexpo 2023 dan gandeng pelaku UMKM penyandang disabilitas. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam Pertamina Smexpo 2023. Foto: Widya Islamiati/klumparan
Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam Pertamina Smexpo 2023. Foto: Widya Islamiati/klumparan

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) pelat merah PT Pertamina (Persero) menggelar Pertamina Small Medium Enterprise Expo (Smexpo) 2023 dengan tema Melangkah dari Lokal ke Global dan menggandeng sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) penyandang disabilitas.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan dalam gelaran Smexpo kali ini memfokuskan pameran pada UMKM dari penyandang disabilitas dengan tujuan agar UMKM dari kalangan ini dapat naik kelas.

“Program tahun ini program utamanya itu adalah sobat istimewa, di mana kita kemudian menggali agar inklusivitas dari UMKM disabilitas ini kita tingkatkan,” kata Nicke dalam gelaran Smexpo 2023 di Grha Pertamina pada Selasa (31/10).

Lebih lanjut pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap 66.000 UMKM di Indonesia dengan komposisi pelaku UMKM perempuan yang tergabung mencapai 50 persen.

“Sampai dengan hari ini total mitra binaan Pertamina ini ada 66.000 tentu kita akan tingkatkan lagi dan mulai tahun kemarin kita kemudian membuat target komposisi UMKM perempuan karena Dirutnya perempuan dan alhamdulillah mencapai 50 persen,” tambah Nicke.

Ia pun mematok target dengan gelaran Smexpo yang keempat ini dapat menambah komposisi pelaku UMKM perempuan di bawah binaan Pertamina dapat melampaui angka 50 persen.

Gelaran Smexpo tahun ini melibatkan 200 UMKM pada pameran offline dan 1.000 UMKM pada pameran online melalui platform virtual di smexpo.pertamina.com.

Adapun pameran offline digelar di Gandaria City Jakarta, Pentacity Mall Balikpapan, Paragon City Mall Semarang dan Sentra Komersil Arengka Pekanbaru.

Smexpo merupakan program strategis Pertamina yang dipersembahkan khusus sebagai wujud kontribusi konsisten Pertamina terhadap pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) Indonesia yang berperan sebagai penggerak ekonomi Nasional.

“Berawal dari inovasi di masa pandemi, pagelaran yang memasuki tahun keempat ini bertujuan memajukan UMKM Indonesia agar bisa bersaing dan berkembang dalam pasar domestic maupun internasional,” tutup Nicke.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/gelar-smexpo-2023-pertamina-gandeng-pelaku-umkm-penyandang-disabilitas-21UBoddPDRV

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations