Gubernur BI Beri Sinyal Turunkan Suku Bunga di 2024
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan sinyal akan menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur, Rabu (17/1/2024). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur, Rabu (17/1/2024). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memberikan sinyal akan menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate. BI rate saat ini berada di level 6 persen, suku bunga deposit facility di level 5,25 persen dan lending facility 6,75 persen.

"Hari ini kita putuskan suku bunga BI Rate tetap, karena masih melihat on and off global tadi. Dan tentu saja dengan arah-arah ke depan tentu saja ruang penurunan suku bunga BI Rate ke depan masih tetap akan ada," kata Perry dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (17/1).

Perry mengungkapkan pihaknya tengah mempertimbangkan beberapa hal sebelum menurunkan suku bunga acuan. Pertama, penguatan mata uang rupiah.

Kedua, tetap terkendalinya inflasi inti dan juga inflasi pangan. Ketiga, penyaluran kredit perbankan.

"Kesimpulannya kami tetap sabar, dan tetap masih akan sabar melihat kondisi dalam negeri dan global. Tentu saja ketidaksabaran itu akan tergantung dari bagaimana meredanya kondisi global, dan memastikan inflasi terkendali," ungkapnya.

Berdasarkan catatan kumparan, BI terakhir menaikkan suku bunga pada Oktober 2023 lalu, setelah selama 8 bulan berturut-turut menahan suku bunga di level 5,75 persen dari Januari 2023.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/gubernur-bi-beri-sinyal-turunkan-suku-bunga-di-2024-21z8gI5vf0r

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations