Gubernur BI Pamer QRIS Bisa Dipakai untuk Bayar Pajak
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memamerkan kegunaan QRIS. Salah satunya untuk membayar pajak bumi dan bangunan (PBB). #bisnisupdate #update #bisnis #text
Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampikan laporan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2024 di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (30/1/2024).  Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Gubenur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampikan laporan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) I Tahun 2024 di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (30/1/2024). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memamerkan kegunaan QRIS. Salah satunya untuk membayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

"QRIS bisa digunakan untuk transaksi pajak-pajak daerah, dari parkir, kemudian pajak PBB, segala pajak daerah itu," kata Perry dalam konferensi pers KSSK di Kementerian Keuangan, Selasa (30/1).

Tak hanya itu, Perry bilang QRIS juga bisa dipakai untuk retribusi dan juga untuk belanja pemerintah daerah. Melalui integrasi ke kartu kredit segmen pemerintah.

"Jadi pemerintah daerah juga sudah menggunakan kartu kredit segmen pemerintah, yang tentu saja kami bebaskan biayanya bersama industri," kata Perry.

"Sehingga itu bersama industri, jadi pemerintah yang belanja menggunakan QRIS dan KKI itu lebih murah dan langsung motong rekening," tambahnya.

Adapun, BI mencatat implementasi QRIS sudah tersebar di 475 daerah. Sepanjang 2023, nominal transaksi QRIS tercatat tumbuh 130,01 persen yoy dengan nilai mencapai Rp 229,96 triliun.

Jumlah pengguna QRIS juga meningkat yakni tembus 45,78 juta. Tak hanya itu, kenaikan juga terjadi pada jumlah merchant 30,41 juta yang sebagian besar merupakan UMKM.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/gubernur-bi-pamer-qris-bisa-dipakai-untuk-bayar-pajak-224FNUKexia

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations