Gubernur BI Ungkap Investor Tak Lagi Wait and See, Ini Buktinya
Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut kegiatan investasi sudah mulai pulih pacsa-Pemilu 2024. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (20/3). Foto: Ave Airizaa Gunanto/kumparan
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (20/3). Foto: Ave Airizaa Gunanto/kumparan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan saat ini investor sudah tak lagi wait and see. Menurutnya, kegiatan investasi sudah mulai pulih pasca-Pemilu 2024.

Perry menjelaskan, pola kegiatan belanja modal (capital expenditure) sudah mulai meningkat secara signifikan setelah sempat mengalami penurunan.

"Tempo hari memang kami lihat ada kecenderungan capital expenditure-nya menurun, tapi beberapa waktu terakhir ini capital expenditure-nya sudah mulai meningkat sehingga ini menunjukkan pola wait and see dari perusahaan sudah berubah dari waktu-waktu terakhir ini," kata Perry dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Rabu (20/3).

Perry melanjutkan, peningkatan investasi terjadi pada perusahaan sektor makanan minuman, perdagangan besar, transportasi, komunikasi, serta horeca (hotel, restoran dan cafe). Tak hanya itu, sektor ekspor yang berkaitan dengan hilirisasi maupun minerba juga terus meningkat.

Per Februari 2024, kredit tumbuh tinggi sebesar 11,28 persen secara tahunan atau year on year (yoy), terutama pada sektor Pertanian, Pertambangan, Konstruksi, Perdagangan, Jasa Sosial, dan Jasa Dunia Usaha.

Dari sisi permintaan, pertumbuhan kredit didukung oleh kinerja rumah tangga dan korporasi yang diperkirakan terus meningkat pasca Pemilu. Berdasarkan kelompok penggunaan, pertumbuhan kredit ditopang oleh kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit konsumsi masing-masing sebesar 11,82 persen (yoy); 12,04 persen (yoy); dan 9,70 persen (yoy).

“Ke depan, pertumbuhan kredit 2024 diperkirakan meningkat dan berada pada kisaran 10-12 persen,” ungkapnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/gubernur-bi-ungkap-investor-tak-lagi-wait-and-see-ini-buktinya-22O8ECvJrwL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations