Habis Bertemu Elon Musk di AS, Luhut Sebut Tesla Tunda Investasi Tak hanya di RI
Luhut sebut Tesla sementara waktu menunda investasinya di seluruh dunia. Hal itu mengingat, kondisi geopolitik yang kian tak menentu. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menemui Elon Musk di Giga Factory Texas. Foto: Dok. Istimewa
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menemui Elon Musk di Giga Factory Texas. Foto: Dok. Istimewa

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Tesla sementara waktu menunda investasinya di seluruh dunia. Hal itu mengingat, kondisi geopolitik yang kian tak menentu.

“(Investasi) termasuk yang di Meksiko yang mereka sudah komit itu juga ditunda,” ungkap Luhut usai ratas di Istana Negara Jakarta, Senin (14/8).

Pasalnya, keadaan ekonomi dunia, menurut CEO Tesla Elon Musk sedang tidak kondusif, dengan keadaan ekonomi dunia Amerika Serikat (AS)-China.

“Masalah Taiwan juga membuat mereka hati-hati masalah investasi,” tambah Luhut.

Karena kondisi tersebut, penjualan mobil terlihat lesu, sebab produksi Tesla saat ini mencapai 3 juta unit dan baru tersalurkan ke pasar 1,8 juta. Sehingga masih ada 1,2 juta unit masih mereka jual.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menemui CEO Tesla Inc, Elon Musk, di Giga Factory Texas. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat menemui CEO Tesla Inc, Elon Musk, di Giga Factory Texas. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan

Meski begitu, Luhut masih optimistis, Indonesia masih menjadi prioritas Elon Musk sebagai destinasi investasi.

“Nanti Elon akan datang ke Jakarta pada akhir September atau Oktober 2023 ini” katanya.

Meski begitu, ia mengatakan belum ada estimasi investasi yang pasti dari Tesla. “Nanti kita lihat, kalau Elon datang akan dilihat,” tukas Luhut.

Adapun kedatangan Elon Musk ke Indonesia itu berkaitan dengan proyek Starlink yang digunakan Kemenkes di daerah terpencil sehingga bisa diakses oleh masyarakat di pedesaan dengan internet.

“Mereka juga akan masuk ke dalam pembuatan material dari lithium battery, itu akan ditandatangani, di Jakarta kalau semua proses anunya negosiasi selesai pada September akhir atau awal Oktober,” tutup Luhut.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/habis-bertemu-elon-musk-di-as-luhut-sebut-tesla-tunda-investasi-tak-hanya-di-ri-20zODR1D5S3

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations