Hal yang Membuat Indonesia Disebut Bangsa Multikultural
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural. Sumber: Unsplash/Eyestetix Studio
Ilustrasi Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural. Sumber: Unsplash/Eyestetix Studio

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Indonesia terkenal karena memiliki kekayaan sumber daya alam dan juga merupakan bangsa multikultural. Mengapa Indonesia disebut bangsa multikultural?

Sebelum mengetahui jawabannya, seseorang harus mengetahui mengenai arti dari multikultural. Hal itu karena tidak semua orang mengetahui pengertian multikultural.

Mengapa Indonesia disebut Bangsa Multikultural?

Ilustrasi Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural. Sumber: Unsplash/Nelbali Photography
Ilustrasi Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural. Sumber: Unsplash/Nelbali Photography

Istilah multikultural berasal dari bahasa Inggris multicultural. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), multikultural artinya adalah bersifat keberagaman budaya.

Sementara itu, dikutip dari buku Multikultural, Interkultural, dan Inovasi dalam Pendidikan di Era Smart Society 5.0 Jilid I, Wardati, dkk (2023), keragaman kebudayaan yang sering disebut sebagai multikultural merupakan suatu keragaman budaya, keragaman sudut pandang, serta keragaman lainnya yang melekat pada masyarakat.

Lantas mengapa Indonesia disebut bangsa multikultural? Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Selain itu saat ini terdapat lebih dari 278 juta jiwa yang ada di Indonesia.

Seluruh masyarakat Indonesia tersebut terdiri dari suku, bahasa, dan kebudayaan yang berbeda. Kebudayaan dari suku-suku tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke. Hal ini membuat Indonesia menjadi bangsa multikultural.

Mengenal Masyarakat Multikultural

Ilustrasi Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural. Sumber: Unsplash/Devana Jalalludin
Ilustrasi Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural. Sumber: Unsplash/Devana Jalalludin

Konsep dari masyarakat multikultural ada pada negara yang memiliki suku, etnis, ras, dan kebudayaan berbeda seperti Indonesia. Multikultural di Indonesia terjadi karena beberapa sebab. Berikut faktor penyebab terciptanya masyarakat multikultural.

1. Faktor Sejarah Indonesia

Indonesia terkenal karena memiliki sumber daya yang sangat melimpah. Sumber daya tersebut termasuk rempah-rempah. Hal inilah yang menyebabkan dahulu Indonesia dijajah oleh bangsa lain.

Bangsa-bangsa tersebut banyak yang menetap dalam janga waktu panjang. Bahkan banyak di antaranya yang menikah dengan orang Indonesia. Kondisi itu yang menambah kekayaan budaya serta ras di Indonesia. Sehingga Indonesia menjadi multikultural.

2. Faktor Geografis

Wilayah Indonesia terletak sangat strategis, yaitu di antara benua dan dua samudra. Hal itu membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan. Banyak pedagang dari negara asing yang singgah di Indonesia. Kondisi tersebut juga menambah kebudayaan di Indonesia.

3. Faktor Fisik dan Geologi

Indonesia terletak di antara lempeng Asia, Pasifik, dan Australia. Hal tersebut membuat wilayah Indonesia menjadi kepulauan. Dengan kondisi tersebut, kehidupan masyarakat di Indonesia setiap pulaunya berbeda. Sehingga menimbulkan multikulturalisme.

Baca juga: Fungsi Wujud Kebudayaan sebagai Sistem Ide

Mengapa Indonesia disebut bangsa multikultural? Karena Indonesia memiliki banyak kebudayaan, suku, dan bahasa. Multikulturalisme tersebut muncul karena beberapa faktor, contohnya karena fisik, geologi, dan geografis. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/hal-yang-membuat-indonesia-disebut-bangsa-multikultural-211lKucr4Vt

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations