Harga Beras Rata-rata Sentuh Rp 15.850/Kg, Tertinggi di Papua Tengah Rp 25.210
Harga beras jenis premium termahal di Papua Tengah, sentuh Rp 25.210 per kg. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Proses bongkar muat beras milik Perum Bulog di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Jumat (9/2/2024). Foto: Bapanas
Proses bongkar muat beras milik Perum Bulog di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Jumat (9/2/2024). Foto: Bapanas

Harga beras kini menjadi sorotan sebab harganya yang terus merangkak naik. Kurangnya stok beras hingga penjualan di toko ritel modern harus dibatasi, dinilai menjadi salah satu pemicunya.

Berdasarkan panel harga yang dirilis di website Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Senin (12/2), harga beras premium rata-rata secara nasional sudah menyentuh Rp 15.850 per kg atau naik 1,41 persen dibandingkan hari sebelumnya.

"Harga tertinggi Rp 25.210/kg di Papua Tengah. Harga terendah Rp 14.480 /Kg di Aceh," demikian ditulis dalam panel harga Bapanas.

Tak hanya beras jenis premium, kenaikan juga terjadi pada beras jenis medium. Saat ini, harga beras jenis medium secara rata-rata mencapai Rp 13.850, naik 1,02 persen.

Sebelumnya Bapanas mencatat pada periode Januari-Februari 2024 ada defisit beras sebanyak 2,8 juta ton. Defisit itu disebabkan produksi beras dalam negeri terkendala cuaca ekstrem El Nino.

Hal tersebut membuat pemerintah harus melakukan impor beras. Rencananya pada Maret 2024 akan didatangkan sebanyak 600 ribu ton beras impor.

Proses bongkar muat kapal kargo beras Bulog di Terminal Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (6/2/2024). Foto: Widya Islamiati/kumparan
Proses bongkar muat kapal kargo beras Bulog di Terminal Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (6/2/2024). Foto: Widya Islamiati/kumparan

Kepala, Arief Prasetyo Adi, mengaku sedang fokus menjalankan strategi untuk menyeimbangkan ketersediaan beras. Ketersediaan pasokan itu diharapkan bisa menjaga harga beras di tingkat nasional.

Setidaknya, ada lima langkah yang dilakukan Bapanas. Pertama, mempercepat pembongkaran kapal beras dari luar negeri di beberapa pelabuhan. Kedua, terus menjalankan distribusi beras komersial Bulog sebanyak 200 ribu ton, termasuk 50 ribu ton ke Food Station atau Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

“Pasokan ke penggilingan akhir tahun lalu juga sudah 200 ribu ton. Dua kali (sebanyak) 200 ribu ton beras komersial ke penggiling padi,” ujar Arief, dikutip dari Antara, Senin (12/2).

Ketiga, terus mendistribusikan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) ke Pasar Tradisional dan Retail Modern. Keempat, mengerjakan Gerakan Pangan Murah (GPM) Nasional.

“Sebanyak 1,2 juta ton SPHP ke outlet. Stok PIBC di atas 34 ribu ton,” ungkap Arief.

Kelima, memastikan Bantuan Pangan Beras akan dimulai kembali pada 15 Februari 2024 mendatang setelah periode pencoblosan Pilpres 2024 selesai.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/harga-beras-rata-rata-sentuh-rp-15-850-kg-tertinggi-di-papua-tengah-rp-25-210-229K5Xsdd7J

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations