Harga Gula dan Beras di Mempawah Tetap Naik Meski Ada Pasar Murah
Oleh Hi Pontianak
Salah seorang pedagang di Mempawah. Foto: M. Zain/Hi!Pontianak
Salah seorang pedagang di Mempawah. Foto: M. Zain/Hi!Pontianak

Hi!Mempawah - Harga sejumlah bahan pokok di pasar Sebukit Rama Mempawah, Kabupaten Mempawah, saat ini mengalami kenaikan. Adapun yang mengalami kenaikan di antaranya adalah gula pasir dan beras.

Harga beras sudah mengalami kenaikan sejak 2 minggu yang lalu. Sedangkan harga gula mengalami kenaikan sejak beberapa hari terakhir.

"Sampai dengan saat ini harganya bertahan sesuai dengan harga yang naik, baik itu beras maupun gula pasir," ungkap salah seorang pedagang, Ilyas, kepada Hi!Pontianak, Rabu, 8 November 2023.

Ilyas mengatakan, harga beras lokal sekarang mencapai Rp 14 ribu per kilogram dari yang sebelumnya hanya Rp 11-12 ribu per kilogramnya.

"Di tingkat pengecer yang beras lokal bahkan bisa mencapai Rp 15 ribu per kilogram. Sementara beras yang medium Rp 16-17 ribu per kilogram dan yang premium bisa Rp 18-19 ribu per kilogramnya," lanjutnya.

Kemudian untuk harga gula pasir, saat ini sudah Rp 16 ribu per kilogram dari yang sebelumnya biasa Rp 14 ribu per kilogram.

"Harga gula pasir sudah naik sejak 2 hari terakhir dan bertahan hingga sekarang. Meskipun ada pasar murah dari pemerintah, harganya tetap naik tidak turun turun," ujar Ilyas.

Terkait penyebab kenaikan harga, Ilyas tidak mengetahui pasti karena kenaikan harga langsung dari agen. "Akhir akhir ini harga naik kalau kita tanya ke agen, jawab mereka dari sananya sudah naik. Jadi kita tahu juga kan apa penyebab pastinya," ungkapnya.

Meskipun mengalami kenaikan, hingga saat ini tidak terjadi kelangkaan di pasar Sebukit Rama Mempawah. Menurut Ilyas daya beli masyarakat juga tetap stabil hanya saja sedikit mengurangi jumlah atau volume yang biasa dibeli.

"Daya beli sih masih tetap, hanya saja yang biasa beli 1 kilogram sekarang hanya setengah kilogram saja. Karena ini kan kebutuhan jadi tetap harus dibeli meskipun sedikit," tutupnya.

https://kumparan.com/hipontianak/harga-gula-dan-beras-di-mempawah-tetap-naik-meski-ada-pasar-murah-21XNqD3Tn09

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations