Hari Kesaktian Pancasila, Veteran: Pancasila Tak Hanya Dihafal Tapi Diamalkan
Oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Enang Soekanto, Sekretaris LVRI Kota Surabaya. Foto: Masruroh/Basra
Enang Soekanto, Sekretaris LVRI Kota Surabaya. Foto: Masruroh/Basra

Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Legiun Veteran RI (LVRI) Kota Surabaya mempunyai pesan khusus bagi para generasi muda di momen peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

"Kita sebagai orang tua betul-betul mengharapkan mereka (generasi muda) mau menggali isi dari Pancasila. Sehingga bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Enang Soekanto, Sekretaris LVRI Kota Surabaya kepada Basra, belum lama ini.

Enang juga tak menampik jika saat ini banyak anak muda yang tidak hafal akan bunyi sila dari Pancasila. Ia kembali menegaskan jika sila-sila Pancasila itu tidak sekadar dihafal tapi juga diamalkan.

"Tidak hanya dihafal tapi juga dihayati dan diamalkan. Dan saya kira peran guru sangat penting untuk selalu mengingatkan anak didiknya akan sila-sila dalam Pancasila," tukasnya.

Enang melanjutkan, agar anak-anak generasi sekarang tak lupa akan Pancasila, pihaknya secara rutin menggelar roadshow di sekolah-sekolah untuk pengamalan sila-sila Pancasila.

"Jadi kita diberi kesempatan oleh Wali Kota Surabaya untuk mensosialisasikan jiwa dan semangat Pancasila ke sekolah-sekolah jenjang SD dan SMP," tuturnya.

Roadshow itu digelar secara rutin setiap bulannya ke sekolah-sekolah secara bergiliran. Enang pun bersyukur saat roadshow tersebut disambut antusias siswa.

"Alhamdulillah mereka antusias mengikuti roadshow. Semangat seperti ini yang selalu kami harapkan, mereka mau belajar sekaligus mengamalkan nilai-nilai Pancasila," tandasnya.

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/hari-kesaktian-pancasila-veteran-pancasila-tak-hanya-dihafal-tapi-diamalkan-21I6OabdJJ9

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations