Horst Hrubesch Resmi Ditunjuk Sebagai Pelatih Interim Timnas Jerman Wanita
Setelah digantung selama sebulan dan tak ada kepastian, Timnas Wanita Jerman akhirnya kini punya pelatih baru. Siapakah dia?

#bolanita #bola #bolasports #text
Pelatih Timnas Jerman Horst Hrubesch. Foto: Ina Fassbender/AFP
Pelatih Timnas Jerman Horst Hrubesch. Foto: Ina Fassbender/AFP

Federasi Sepak Bola Jerman, Deutscher Fußball-Bund (DFB), resmi menunjuk Horst Hrubesch sebagai pelatih interim Timnas Jerman Wanita. Ia menggantikan sosok Martina Voss-Tecklenburg–pelatih yang kini sedang mengambil cuti panjang karena sakit–untuk sementara waktu.

Kabar ditunjuknya pelatih veteran Horst Hrubesch baru saja dirilis melalui akun Instagram resmi Timnas Jerman Wanita, DFB-Frauen, pada Sabtu (7/10). Dalam pernyataan tersebut, Hrubesch dikabarkan bakal didampingi oleh dua orang asisten, Thoman Nörenberg dan Britta Carlson.

“Horst Hrubesch mengambil alih tugas Martina Voss-Tecklenburg untuk sementara waktu dan menjadi pelatih Timnas Jerman Wanita. Rekan pelatihnya adalah Thomas Nörenberg. Britta Carlson juga akan bergabung dengan tim sebagai asisten pelatih. Kami berharap Martina lekas sembuh!” tulis akun @dfb_frauenteam, Sabtu (7/10).

Sebelum ditunjuknya Horst Hrubesch, Timnas Jerman Wanita tengah dalam kondisi yang “digantung”. Bagaimana tidak, selama beberapa minggu, The National 11–julukan Timnas Jerman Wanita–tidak diberi kejelasan perihal rincian kondisi sang pelatih, Martina Voss-Tecklenburg, yang memutuskan cuti sakit sejak 8 September lalu.

Para pemain senior termasuk sang kapten, Alexander Popp, mulai mengeluhkan soal ketidakpastian itu. Beruntung, 30 hari setelah kosongnya kursi kepelatihan Timnas Jerman Wanita, Horst Hrubesch pun mengisinya (meskipun hanya sementara).

“Dengan maksud untuk melanjutkan pemulihan Martina Voss-Tecklenburg serta mempertimbangkan perkembangan olahraga, Hrubesch dan Nörenberg akan mengambil alih jabatan tersebut hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis DFB yang dikutip dari DW, Minggu (8/10).

Kembali ditunjuk menjadi pelatih Timnas Jerman Wanita, Hrubesch mengaku sangat antusias. “Bagi saya, ini adalah masalah hati. Saya tidak perlu memikirkan permintaan itu terlalu lama,” kata Hrubesch yang pada 2018 lalu pernah menangani The National 11 selama delapan bulan.

“Saya menantikan kerja sama dengan tim. Kami bersama-sama akan mencoba menempatkan diri kami dalam posisi yang baik untuk kualifikasi Olimpiade 2024 di pertandingan UEFA Women’s Nations League yang tersisa,” imbuhnya kemudian.

Pelatih Timnas Jerman Horst Hrubesch. Foto: RONNY HARTMANN / AFP
Pelatih Timnas Jerman Horst Hrubesch. Foto: RONNY HARTMANN / AFP

Andalan Kepelatihan Jerman Selama Beberapa Dekade

Selain delapan bulannya bersama Timnas Jerman Wanita, Horst Hrubesch juga pernah menghabiskan sebagian karier kepelatihannya di Timnas Jerman untuk segala kategori usia, mulai dari U-21, U-23, hingga senior.

Pada Euro 2000, Hrubesch ditunjuk menjadi asisten pelatih Timnas Jerman senior di bawah asuhan Erich Ribbeck. Tak hanya itu saja, pria berusia 72 tahun tersebut juga pernah ditugaskan menjadi pelatih Timnas Jerman di ajang Olimpiade Rio 2016.

Lantas, bagaimana dengan catatan positif Horst Hrubesch kala masih menjadi seorang pemain?

Horst Hrubesch dikenal sebagai striker paling produktif dan efisien pada zamannya. Ia pernah menyumbang banyak gol kala membela Rot-Weiss Essen (1975-1978) dan Hamburger SV (1978-1983).

Total, pemain kelahiran Hamm, Jerman, 17 April 1951 itu telah memenangkan sebanyak tiga gelar Bundesliga. Torehan itu membuat Hrubesch dijuluki sebagai striker paling efisien ketiga setelah Robert Lewandowski dan rekan seangkatannya, Gerd Müller.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/horst-hrubesch-resmi-ditunjuk-sebagai-pelatih-interim-timnas-jerman-wanita-21L8kiZFFwe

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations