HP Kerja Sama dengan Kemdikbud Bantu Digitalisasi Sektor Pendidikan RI
HP Indonesia berkomitmen untuk membantu pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. #kumparanTECH
Ilustrasi siswa berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Foto: Ibenk_88/Shutterstock
Ilustrasi siswa berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki. Foto: Ibenk_88/Shutterstock

Sejak tahun 2015, HP Indonesia telah berkontribusi terhadap target global perusahaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran 100 juta orang pada tahun 2025.

Di Indonesia, 10 juta orang telah menerima akses lebih baik terhadap metode pembelajaran dan peningkatan kualitas SDM tenaga pendidik. Upaya itu misalnya tertuang dalam program Semangat Guru hasil kerja sama dengan Kemdikbud RI.

Program Semangat Guru dimulai pada tahun 2021 dan akan terus berlanjut saat ini dan seterusnya. Komitmen itu diutarakan langsung oleh Managing Director HP Indonesia Choon Teck Lim.

“Program yang telah digelar sejak 2021 ini ini merupakan program tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan tenaga kependidikan Indonesia dalam beradaptasi dengan transformasi digital dan pembelajaran hybrid,” kata Choon saat sesi diskusi bersama kumparanTECH.

Managing Director HP Indonesia Choon Teck Lim Foto: HP Indonesia
Managing Director HP Indonesia Choon Teck Lim Foto: HP Indonesia

Beberapa program juga diinisiasi seperti Transformasi Pembelajaran Inovatif (TPI). Singkatnya upaya ini mencoba mendesain ulang ruang kelas dan lingkungan belajar untuk memperkenalkan pengalaman inovatif.

Saat ini, program TPi telah diimplementasikan di enam sekolah yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bogor, dan Surabaya.

Selain itu HP juga memiliki program NALE (New Asian Learning Experience). Ini studi dan rangkaian webinar untuk berbagi wawasan dari studi NALE bagi orang tua untuk mendukung pembelajaran jarak jauh anak-anak mereka.

Ada banyak program lain yang telah diinisiasi HP dalam komitmennya meningkatkan kualitas pendidikan di dalam negeri. Seperti:

HP Street Code

Menjembatani kesenjangan digital bagi anak-anak Indonesia yang kurang mampu dengan mengajarkan kurikulum coding empat minggu yang dibuat secara unik hanya dengan menggunakan kertas dan tinta. HP Street Code baru-baru ini dinobatkan sebagai No.1 Campaign di Global Sabre Award 2023 atas dampak positif yang diberikan kepada masyarakat.

HP Tech Hubs

Menghadirkan teknologi dan memberikan keterampilan kewirausahaan kepada 20 ribu siswa dari komunitas kurang mampu.

HP LIFE

Rangkaian kursus online yang berfokus pada keterampilan bisnis dan TI, dan dapat diakses secara gratis. HP LIFE hadir dalam Bahasa Indonesia.

HP Printables

Materi cetak gratis yang tersedia online untuk berbagai kegiatan pembelajaran, untuk mengembangkan keterampilan motorik dan kreativitas peserta didik usia 2-18 tahun.

HP Online Teaching Assistant

Platform ini mempersembahkan bahan-bahan untuk memandu guru dalam menciptakan ruang kelas online nan interaktif. Dari segi hardware, HP memiliki berbagai unit penunjang untuk user gunakan dalam proses pembelajaran seperti:

  • HP Laptop 14"

  • HP 200 All-in-One Series

  • HP Chromebook

  • Printer HP Ink Tank

  • HP Smart Tank yang didukung aplikasi HP Smart App

https://kumparan.com/kumparantech/hp-kerja-sama-dengan-kemdikbud-bantu-digitalisasi-sektor-pendidikan-ri-21bUCbJWmKi

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations