Hubungan antara Kelangkaan Suatu Barang dengan Bencana Alam
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam? Sumber: pexels.com/Rodolfo Gaion
Ilustrasi untuk bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam? Sumber: pexels.com/Rodolfo Gaion

Bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam? Hubungannya adalah jika suatu daerah penghasil sumber daya alam mengalami bencana, maka sumber daya yang diperoleh dari daerah tersebut akan mengalami kelangkaan.

Kelangkaan itu disebabkan oleh kondisi geografis daerah yang terdampak bencana alam. Selain bencana alam, ada kondisi lain yang menyebabkan kelangkaan. Di antaranya adalah terbatasnya sumber daya.

Bagaimana Hubungan antara Kelangkaan Suatu Barang dengan Bencana Alam?

Ilustrasi untuk bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam? Sumber: pexels.com/Quang Nguyen Vinh
Ilustrasi untuk bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam? Sumber: pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Menurut buku Ensiklopedia Kebutuhan Manusia oleh Wahab (2010: 22), kelangkaan adalah bentuk ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan pemenuhan kebutuhan. Sumber daya yang sulit didapat sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia disebut sumber daya langka.

Jumlah sumber daya tersebut mengalami keterbatasan sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satu faktor yang memengaruhi kelangkaan adalah bencana alam.

Bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam? Hubungannya adalah jika suatu daerah penghasil sumber daya alam mengalami bencana alam, maka sumber daya yang dihasilkan dari daerah tersebut akan mengalami kelangkaan karena kerusakan alam atau kondisi infrastruktur yang tidak memungkinkan untuk mengambil sumber daya.

Selain bencana alam, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kelangkaan. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Terbatasnya Jumlah Sumber Daya Alam

Sumber daya yang tersedia di alam terbatas. Tidak semua sumber daya alam dapat diperbaharui sehingga jumlahnya sangat terbatas. Contohnya bahan bakar fossil yang jika penggunaan dan pemanfaatannya tidak dilakukan secara bijak maka akan menimbulkan kelangkaan.

2. Kerusakan akibat Ulah Manusia

Sumber daya juga dapat mengalami kelangkaan karena keserakahan manusia. Tindakan manusia yang menyebabkan kerusakan alam antara lain penebangan hutan dan pencemaran air.

Kerusakan sumber daya alam itu membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya. Oleh karena itu sumber daya menjadi langka.

3. Keterbatasan Manusia dalam Mengolah Sumber Daya

Keterbatasan manusia dalam mengolah sumber daya dapat menyebabkan kelangkaan. Keterbatasan itu disebabkan kekurangan teknologi, modal, dan keahlian.

4. Peningkatan Kebutuhan yang Lebih Cepat

Kebutuhan manusia terus meningkat sesuai dengan jumlah penduduk. Sedangkan jumlah sumber daya alam terbatas. Kondisi ini menyebabkan kelangkaan sumber daya alam.

Baca juga: 9 Tujuan Pengolahan Potensi Sumber Daya Alam

Itulah penjelasan mengenai bagaimana hubungan antara kelangkaan suatu barang dengan bencana alam. Untuk mengatasi kelangkaan, mari manfaatkan barang-barang pemenuh kebutuhan sehari-hari dengan bijak.(IND)

https://kumparan.com/berita-terkini/hubungan-antara-kelangkaan-suatu-barang-dengan-bencana-alam-22nNR7uywNh

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations