Hujan Deras Bikin Banjir dan Longsor di Kabupaten Bogor, 1 Orang Hilang
Hujan Deras Bikin Banjir dan Longsor di Kabupaten Bogor, 1 Orang Hilang #newsupdate #update #news #text
Banjir dan longsor landa Kabupaten Bogor Foto: doc.kumparan
Banjir dan longsor landa Kabupaten Bogor Foto: doc.kumparan

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor, Minggu (24/3) menyebabkan banjir dan tanah longsor di dua lokasi berbeda. Di Kampung Jambu Lebak, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, banjir setinggi satu meter merendam 55 rumah warga yang berada di dua RT.

"Banjir disebabkan meluapnya kali Cibuluh setinggi empat meter. Tingginya permukaan air [banjir] setinggi dada orang dewasa. Penanganannya sekitar 30 menit," ucap Komandan Pleton Tanggap BPBD Kabupaten Bogor, Tubagus, kepada kumparan, Minggu (25/4).

Banjir juga merusak sebagian rumah warga hingga fasilitas umum. Selain itu ada sebuah sekolah yang rusak akibat diterjang banjir.

"Empat rumah warga temboknya jebol dan sekolah PAUD rusak," lanjut Tubagus.

Banjir dan longsor landa Kabupaten Bogor Foto: doc.kumparan
Banjir dan longsor landa Kabupaten Bogor Foto: doc.kumparan

Sementara itu, di Kampung Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor sejak pukul 18.00 WIB itu menimbulkan bencana tanah longsor. Akibat kejadian ini, satu rumah tertimbun dan seorang penghuninya masih hilang.

"[Longsor] disebabkan hujan deras yang cukup lama sehingga tebingan longsor dengan perkiraan ukuran setinggi 25 meter, lebar 15 meter, dan menyebabkan satu unit rumah warga tertimbun dan terbawa longsor," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bogor, rumah yang rusak tersebut dihuni dua KK dengan jumlah anggota keluarga 5 orang. Saat ini petugas masih mencoba mencari satu korban yang hilang dengan menggandeng tim SAR gabungan.

"Kami masih mencari korban, Ibu Anah, 70 tahun. Sementara pemilik rumah, Bapak Ajil, 42 tahun, mengalami luka sedang," tutupnya.

https://kumparan.com/kumparannews/hujan-deras-bikin-banjir-dan-longsor-di-kabupaten-bogor-1-orang-hilang-22Pm8vb8zMa

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations