IHSG Diprediksi Melemah, Pemilu 2024 Tarik Minat Investor untuk Investasi di RI
IHSG diprediksi melemah pada perdagangan Senin (23/10). Selama sepekan lalu, IHSG anjlok 1,12 persen ke level 6.847,128 dari 6.926,780 pada pekan sebelumnya. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Karyawan mengamati layar pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/9). Foto: Reno Esnir/ANTARA FOTO
Karyawan mengamati layar pergerakan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/9). Foto: Reno Esnir/ANTARA FOTO

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melemah pada perdagangan Senin (23/10). Selama sepekan lalu, IHSG anjlok 1,12 persen ke level 6.847,128 dari 6.926,780 pada pekan sebelumnya.

Pilarmas Investindo Sekuritas memperkirakan IHSG melemah terbatas dengan support and resistance di 6.800-6.875. Secara sentimen, solidnya perekonomian Indonesia menjelang pesta demokrasi tahun depan masih memberikan daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi di dalam negeri.

“Hal ini tercermin dengan pencapaian realisasi investasi periode Juli - September atau kuartal III-2023,” tulis Pilarmas Investindo Sekuritas dalam risetnya, Senin (23/10).

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi periode Juli-September atau kuartal III-2023 senilai Rp 374,4 triliun dan secara kumulatif dari Januari-September 2023 telah terkumpul Rp 1.053,1 triliun atau 75,2 persen dari target Rp 1.400 triliun.

“Pencapaian tersebut tentunya perlu diapresiasi sebab hal ini menunjukkan adanya kepercayaan dunia usaha untuk berinvestasi di dalam negeri,” lanjutnya.

Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (6/9). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Senin (6/9). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Selain itu, capaian ini akan memberikan positif karena akan berimbas pada bertambahnya lapang usaha dan tenaga kerja sehingga akan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Pilarmas Investindo Sekuritas juga mencermati stabilitas politik merupakan salah satu hal yang utama yang harus diperhatikan untuk menjaga perekonomian untuk tetap berjalan maju. Oleh karenanya, politik sendiri tidak bisa dihilangkan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia.

“Capres juga sudah punya pasangannya masing masing, sehingga tentu akan jauh lebih mudah untuk melihat, membandingkan, dan menerawang arah selanjutnya dari perekonomian Indonesia pada tahun tahun mendatang,” sambungnya.

Sementara itu, MNC Sekuritas memprediksi support IHSG di level 6.798 dan 6.697 serta resistance di 6.992 dan 7.046. Selama IHSG masih belum mampu menembus resistance, maka waspadai akan adanya pembalikan arah karena saat ini diperkirakan IHSG sedang berada pada bagian dari wave c dari wave (ii).

“Hal tersebut akan membawa IHSG ke rentang area 6.747 sebagai target koreksinya,” ungkap analis MNC Sekuritas.

MNC Sekuritas merekomendasikan sederet saham yaitu CPIN, ESSA, UNVR dan UNTR. Sedangkan Pilarmas Investindo Sekuritas menyarankan investor membeli saham BBNI, MEDC, dan MAHA.

****

Disclaimer: Keputusan investasi sepenuhnya didasarkan pada pertimbangan dan keputusan pembaca. Berita ini bukan merupakan ajakan untuk membeli, menahan, atau menjual suatu produk investasi tertentu.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ihsg-diprediksi-melemah-pemilu-2024-tarik-minat-investor-untuk-investasi-di-ri-21QwLyP3Tmb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations