IHSG Diprediksi Menguat Tembus 7.000, Pelaku Pasar Tunggu Arah Kebijakan Moneter
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Rabu (20/9). #bisnisupdate #update #bisnis #text
Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (14/12/2021). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Rabu (20/9). Pada perdagangan Selasa (19/9), IHSG ditutup menguat 44,238 poin atau 0,64 persen ke level 6.980,321.

Analis Phintraco Sekuritas Alrich Paskalis Tambolang mengatakan, IHSG berpeluang uji resistance 7.000 hari ini. MACD dan Stochastic RSI cenderung bergerak naik pasca-membentuk golden cross. Meski demikian, potensi penguatan lanjutan tersebut dibayangi oleh penurunan volume transaksi di Selasa.

“Kondisi di atas diperkirakan dampak dari kecenderungan wait and see pelaku pasar terhadap hasil FOMC The Fed dan RDG BI. Keduanya diyakini mempertahankan suku bunga acuan pada level saat ini,” kata Alrich, Rabu (20/9).

Meski demikian, pelaku pasar menantikan petunjuk mengenai outlook ekonomi dan arah kebijakan moneter ke depan. Masih dari eksternal, inflasi inti Euro Area turun ke 5,3 persen yoy di Agustus 2023 dari 5,5 persen yoy di Juli 2023.

“Penurunan ini diharapkan berlanjut, sehingga dapat meredam agresivitas ECB dalam menaikkan suku bunga acuan,” ujarnya.

Sementara itu, tim analis MNC Sekuritas memperkirakan selama IHSG belum mampu menembus area resistance di 7.020, maka posisi IHSG masih rawan terkoreksi. Adapun target koreksi diperkirakan akan menuju ke 6.737-6.846.

“Pada skenario terbaiknya, IHSG masih berpeluang menguat untuk menguji kembali 7.072, di mana IHSG akan mengalami ekstensi ke rentang area 7.025-7.037,” tulis MNC Sekuritas dalam risetnya.

Alrich merekomendasikan top picks saham di antaranya potensi rebound lanjutan pada ASII, MDKA, TLKM dan UNVR, speculative buy pada INDF, BTPS dan BBTN. Sedangkan MNC Sekuritas menyarankan investor pada saham ADHI, ENRG, INKP, dan NSSS.

***

Disclaimer: Keputusan investasi sepenuhnya didasarkan pada pertimbangan dan keputusan pembaca. Berita ini bukan merupakan ajakan untuk membeli, menahan, atau menjual suatu produk investasi tertentu.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ihsg-diprediksi-menguat-tembus-7-000-pelaku-pasar-tunggu-arah-kebijakan-moneter-21DsIQn2Jaz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations