Ikan atau Susu untuk Atasi Stunting, Anies: Prioritasnya Nutrisi yang Sehat
Anies Baswedan menuturkan RI kaya akan ikan, sehingga kebiasaan makan ikan harus terus ditumbuhkan.
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menyampaikan paparannya pada acara Desak Anies bersama tenaga kesehatan (Nakes) di Jakarta, Kamis (18/1/2024). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menyampaikan paparannya pada acara Desak Anies bersama tenaga kesehatan (Nakes) di Jakarta, Kamis (18/1/2024). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan memaparkan alasannya lebih menyarankan makan ikan dibanding meminum susu untuk mencegah stunting. Dia mengatakan itu terkait dengan prioritas.

"Filosofinya adalah sebanyak mungkin memberikan nutrisi sehat, nutrisi sehat yang tidak menimbulkan reaksi di badan," kata Anies pada wartawan di acara Desak Anies, Kamis (18/1).

Anies lalu menceritakan bahwa saat di Jakarta terdapat sebuah kasus di mana anak-anak memiliki intoleransi laktosa yang berarti ketidakmampuan untuk sepenuhnya mencerna gula dalam produk susu.

"Jadi bagi kami yang penting makanan sehat. Lalu sebisa mungkin menggunakan produk dalam negeri supaya industri pangan kita juga tumbuh karena digunakan untuk memberikan makanan sehat bagi anak-anak," jelasnya.

"Jadi, kalau untuk memberikan nutrisi anak-anak lalu meningkatkan impor daging misalnya, maka sayang-sayang. Lebih baik kita gunakan sumber daya yang ada di dalam negeri misalnya ikan," tambahnya.

Menurut Anies, Indonesia memiliki kekayaan ikan yang luar biasa, sehingga kebiasaan untuk makan ikan harus ditumbuhkan dari dulu.

"Jadi ini tidak untuk mengontraskan antara susu dengan ikan, bukan. Intinya adalah nutrisi sehat yang bisa didapat dari dalam negeri. Itu prioritas utamanya," pungkas Anies.

(AI)

https://kumparan.com/kumparannews/ikan-atau-susu-untuk-atasi-stunting-anies-prioritasnya-nutrisi-yang-sehat-21zqEm0u61F

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations