Ilmuwan China Bikin Robot Humanoid Tercepat di Dunia, Begini Penampakannya
Si robot bisa jogging gaes. Gak percaya? Simak video berikut ini. #kumparanTECH
Robot H1 Unitree. Foto: Unitree Robotics/YouTube
Robot H1 Unitree. Foto: Unitree Robotics/YouTube

Robot bipedal China berhasil mencetak rekor sebagai robot humanoid tercepat di dunia. Dia dapat menjaga keseimbangan dengan baik saat berlari layaknya seorang pelari profesional.

Versi terbaru robot H1 Unitree yang disebut “Evolution V3.0” adalah robot bipedal dengan tinggi sekitar 1,8 meter, beratnya 50 kilogram. Video yang rilis di YouTube pada 1 Maret 2024 menunjukkan H1 bisa berjalan dengan kecepatan 3,3 meter per detik. Perusahaan mengeklaim robot H1 sebenarnya bisa jalan dengan kecepatan mencapai 5 meter per detik.

Sebelumnya, seorang teknisi Unitree pernah mencoba menjatuhkan robot H1 dengan menendangnya, terekam dalam video YouTube keluaran Agustus 2023 lalu. Namun H1 mampu bangkit dengan mudah, menyesuaikan pijakannya untuk mengembalikan bobonya.

Sementara itu, video terbaru memperlihatkan H1 bisa naik tangga dengan sangat baik, berjalan ke atas, memutar dan memanjat, menari, serta menavigasi serangkaian langkah ke belakang dan ke samping.

Dengan wujud seperti manusia, H1 memiliki rangkaian sensor terdiri dari cincin kecil dengan sensor dan kamera yang ditempel di sepanjang permukaan atas, menyerupai kepala yang sangat kecil. H1 semakin mirip manusia saat mengenakan kaus Unitree dan penutup kaki yang terlihat seperti celana jogging.

Unitree mengeklaim H1 jadi yang robot humanoid tercepat di dunia, meski robot Cassie dari Agility Robotics berhasil berlari 100 meter dalam 24,73 detik pada kecepatan 4 meter per detik. Namun, Cassie tidak lebih dari sepasang kaki dan modul penggerak kecil sehingga tidak bisa dianggap sepenuhnya sebagai humanoid seperti H1 atau mesin lain seperti robot Optimus Gen-2 atau Figure 01.

H1 bernavigasi menggunakan teknologi LIDAR 3D untuk memetakan lingkungan dengan jangkauan 360 derajat sambil menggunakan kamera kedalaman visual yang menghadap ke depan guna menghitung jarak.

Sendi yang membentuk area pinggul dan panggul memberikan torsi maksimum 360 newton-meter (Nm), yang memberi sistem kemampuan untuk mengayunkan kakinya maju mundur lebih cepat.

https://kumparan.com/kumparantech/ilmuwan-china-bikin-robot-humanoid-tercepat-di-dunia-begini-penampakannya-22NwlQMgC8V

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations