Ini Daftar 301 LoI Investasi di IKN, Sektor Perumahan Paling Diminati
Sudah ada lebih dari 300 Letter of Intent (LoI) atau pernyataan investor untuk berinvestasi di IKN Nusantara. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Suasana pembangunan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO
Suasana pembangunan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). Foto: Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Sekretaris Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Achmad Jaka Santos Adiwijaya, menjabarkan saat ini terdapat lebih dari 300 Letter of Intent (LoI) atau pernyataan investor untuk berinvestasi di IKN Nusantara.

Achmad mengatakan, pihaknya kini tidak menargetkan jumlah LoI yang masuk, melainkan mendorong minat investasi di beragam sektor yang dibutuhkan di IKN. Pasalnya, jumlah LoI perumahan angkanya terpaut cukup jauh dengan LoI di sektor lain seperti telekomunikasi atau sektor energi.

"Lebih dari 300. Kalau LoI kita tak targetkan jumlah, lebih ke variasi. Kita cari di 300 itu yang 'oh ini kayaknya di bidang ini bagus kalau duluan. Itu yang kita kejar. Kalian butuh apa lagi supaya kalian betul-betul implement your intent (LoI)," kata Achmad saat ditemui di The Westin Hotel, Jakarta, Selasa (14/11).

Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi meminta agar ground breaking di IKN lebih variatif. Dia mencontohkan Presiden ingin ground breaking kawasan berkuda hingga konservasi orang utan.

"Intinya Pak Presiden minta variasi yang bisa capai ground breaking lebih lengkap sehingga betul-betul ekosistem kota itu lengkap. Ada macam-macam sehingga ke sana itu enggak 'apaan nih cuma ada gedung pemerintah," kata Achmad.

Berikut daftar lengkap LoI IKN dengan besaran nilai investasinya

1. Sektor perumahan 130 LoI, estimasi investasi USD 666-1.089 juta

2. Sektor komersial 71 LoI, estimasi investasi USD 194-314 juta

3. Sektor pendidikan 63 LoI, estimasi investasi USD 67-110 juta

4. Sektor transportasi 22 LoI, estimasi investasi USD 635 juta

5. Sektor medis 8 LoI, estimasi investasi USD 13-21 juta

6. Sektor telekomunikasi 3 LoI, estimasi investasi USD 321 juta

7. Sektor infrastruktur energi 2 LoI, estimasi investasi USD 68 juta

8. Sektor kota praja (township) 1 LoI, estimasi investasi USD 22-37 juta

9. Sektor pembangkit energi 1 LoI, estimasi investasi USD 15-30 juta

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ini-daftar-301-loi-investasi-di-ikn-sektor-perumahan-paling-diminati-21ZsUvr4DeG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations