InJourney Pastikan MotoGP Mandalika 2023 Berikan Pengalaman Baru untuk Fans
InJourney dipercaya untuk kedua kalinya dalam penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, NTB. Ada berbagai fasilitas lengkap yang bisa dinikmati para penonton dan para fans MotoGP.
Kartika Wirjoatmodjo, Angela Tanoesoedibjo, Bambang Soesatyo, Maya Watono, dan Ari Respati saat Press Conference di kantor InJourney. Foto: Dok. InJourney
Kartika Wirjoatmodjo, Angela Tanoesoedibjo, Bambang Soesatyo, Maya Watono, dan Ari Respati saat Press Conference di kantor InJourney. Foto: Dok. InJourney

Perhelatan dunia MotoGP 2023 sebentar lagi digelar. Sebanyak 22 pembalap dari 11 tim akan berlaga di MotoGP 2023 pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk itu, Indonesia pun telah melakukan persiapan agar balapan nanti bisa berjalan dengan lancar. Di tahun kedua ini, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney melalui anak usahanya PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) kembali dipercaya untuk memastikan pagelaran di Mandalika berjalan lancar.

Berbeda dari tahun sebelumnya, MotoGP Mandalika 2023 akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para fans event balap motor ini. Hal ini disampaikan pada Press Conference Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 yang dilaksanakan pada Selasa (3/10) di kantor InJourney, Gedung Sarinah Jakarta.

Acara temu pers dihadiri oleh lima narasumber, yaitu Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Kemenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Ketua IMI Bambang Soesatyo, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, dan Direktur Utama ITDC Ari Respati.

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa kementerian berkomitmen menyukseskan MotoGP karena merupakan event yang prestisius dengan global coverage. Jika tahun lalu sempat mengalami kendala seperti adanya hujan dan tantangan sirkuit, diharapkan MotoGP 2023 di Mandalika tidak mengalami kendala serupa.

“Tahun ini semoga tidak ada drama-drama, tahun ini race-nya menarik dan kompetitif. Memang lagi imbang semua pembalapnya (dari segi) kemampuannya. ITDC melihat melalui arus turis, baik internasional maupun domestik, semakin meningkat. Kita harapkan event ini bisa menjadi katalis untuk bisa membangun tourism destination yang terbaik di Mandalika dan memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat NTB,” kata Tiko.

Sependapat dengan Kartika, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo juga mengatakan bahwa pihaknya mendukung MotoGP diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Perhelatan dunia MotoGP 2023 yang akan digelar pada 13-15 Oktober 2023. Foto: Dok. InJourney
Perhelatan dunia MotoGP 2023 yang akan digelar pada 13-15 Oktober 2023. Foto: Dok. InJourney

“Kami harapkan kita tidak hanya mempromosikan pariwisata, tetapi kita bisa mendapatkan langsung manfaat ekonomi. Terutama bagi masyarakat, pelaku UMKM, dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Angela bilang, jika tahun lalu MotoGP digelar sebagai bagian dari upaya “let recovery”, tahun ini Indonesia menggagas “let accelerate”. Event ini ditargetkan bisa meningkatkan pencapaian pariwisata Indonesia.

Fasilitas Lengkap untuk Fans dan Wisatawan

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh InJourney Group melalui anak usahanya, ITDC beserta PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya. Kerja keras persiapan telah dilakukan mulai dari perbaikan lintasan, kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit.

Salah satunya dengan memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit. Dari total luasan 27.380 m2 , pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 m2. Selain itu, telah dilakukan juga pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Center (ITDC) Ari Respati menerangkan kesiapan infrastruktur dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok sudah mencapai 100 persen.

Ia bilang, pembangunan infrastruktur dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan event balapan internasional yaitu dengan menyiapkan tempat untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah NTB.

Fasilitas hiburan pun lengkap, misalnya, Beach Club untuk mendukung kemeriahan acara MotoGP Mandalika 2023 seperti Fans Meet dan Fans Zone.

Direktur Pemasaran dan Program dan Pariwisata InJourney bilang, demi memuaskan keinginan para fans dan penonton MotoGP, akan ada parade sebelum pertandingan dimulai. Nantinya, para riders akan parade keliling sirkuit menggunakan “truk” khusus.

“Jadi nanti di Lombok kita akan ada riders touring bersama-sama di H-2. Lalu kita adakan riders parade sebelum mulai race. Ini pertama kalinya di Indonesia. Kita satu-satunya yang menyelenggarakan, dan ini akan disiarkan di seluruh dunia,” jelas Maya.

Ari mengatakan bahwa ketersediaan tiket untuk MotoGP Mandalika hanya tersisa 15-18 persen saja. Pembelian tiket saat ini didominasi oleh masyarakat lokal.

Tiket MotoGP Mandalika 2023 sendiri bisa dibeli melalui platform online https://race.themandalikagp.com/. Untuk masyarakat yang ingin informasi lebih lanjut soal MotoGP 2023 Pertamina Grand Prix of Indonesia (IndonesianGP), klik di sini atau cek Instagram @themandalikagp.

Advertorial ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparanoto/injourney-pastikan-motogp-mandalika-2023-berikan-pengalaman-baru-untuk-fans-21JR1BVn1wd

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations