IPKB Puji Kegigihan Windy Prihastari Tekan Stunting di Kalbar
Oleh Hi Pontianak
Ketua TP PKK Kalimantan Barat Windy Prihastari menerima audiensi IPKB Kalbar. Foto: IPKB Kalbar
Ketua TP PKK Kalimantan Barat Windy Prihastari menerima audiensi IPKB Kalbar. Foto: IPKB Kalbar

Hi!Pontianak - Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Kalbar memuji Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari, dalam upaya menekan stunting di Kalimantan.

Hal itu diungkapkan Ketua IPKB Kalbar, Mirza, saat audiensi dengan Ketua TP PKK Kalbar, Rabu, 21 Februari 2024. Audiensi tersebut dilakukan untuk membahas sejumlah program terutama yang berfokus pada penanganan stunting.

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Windy Prihastari memang dikenal sangat getol dalam upaya penurunan stunting dirinya bahkan tidak segan untuk turun langsung ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) 14 kabupaten kota. Dengan slogan serbu posyandu, Windy menyambangi ibu-ibu untuk memberikan edukasi gizi.

Ketua IPKB Kalbar, Mirza, mengungkapkan audiensi yang dilakukan pihaknya tersebut untuk berdiskusi tentang berbagai hal bersama Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar Windy Prihastari. Terutama penanganan stunting yang menjadi fokus utama pemerintah dalam beberapa waktu terakhir.

"IPKB Kalbar juga memberikan apresiasi kepada Ketua TP PKK Kalbar Ibu Windy Prihastari atas kegigihan beliau dalam upaya penanganan stunting di Kalbar," kata Mirza.

Ia melihat selama ini Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari sangat getol untuk melakukan upaya langsung dalam penanganan stunting. Misalnya dengan memberikan edukasi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) yang tepat bagi balita dan baduta.

Mirza menilai edukasi yang dilakukan oleh Ketua Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari tersebut sangat tepat dengan menyambangi para ibu-ibu langsung di Posyandu. Dengan upaya peningkatan pengetahuan ibu-ibu tersebut diharapkan akan berdampak pada penurunan angka stunting Kalbar.

"Kita selama ini melihat Ketua TP PKK Kalbar Ibu Windy Prihastari turun langsung memberikan edukasi gizi ibu-ibu di Posyandu di 14 kabupaten kota," ucapnya.

Penyerahan cenderamata dari IPKB Kalbar kepada Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari. Foto: IPKB Kalbar
Penyerahan cenderamata dari IPKB Kalbar kepada Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari. Foto: IPKB Kalbar

Mirza pun berharap upaya yang telah dilakukan oleh Ketua Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari tersebut dapat diteruskan oleh 14 kabupaten kota. Dengan memberikan edukasi yang menyasar langsung para ibu-ibu di posyandu wilayah masing-masing.

Lewat upaya bersama tersebut dirinya berharap Provinsi Kalbar mampu menekan angka stunting semakin maksimal. Dengan kerjasama semua pihak Mirza berkeyakinan Kalbar akan mampu mencapai target nasional dalam upaya percepatan penurunan stunting pada 2024 mendatang.

"Upaya yang telah dilakukan Ketua TP-PKK Kalbar Ibu Windy Prihastari ini harus diteruskan 14 kabupaten kota dengan edukasi langsung ke tengah-tengah masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari mengucapkan terima kasih atas keterlibatan IPKB Kalbar dalam upaya percepatan penurunan stunting. Menurut Windy upaya untuk menekan stunting harus dilakukan secara bersama-sama dan berkolaborasi dengan semua pihak.

Termasuk keterlibatan media massa dikatakannya juga sangat penting terutama untuk memberikan dan menyebarkan informasi perihal pencegahan stunting secara luas kepada masyarakat. Salah satunya lewat peran para jurnalis yang tergabung di dalam IPKB Provinsi Kalbar.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada IPKB Kalbar yang telah ikut serta dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kalbar," ungkapnya.

Windy mengungkapkan edukasi MPASI tepat gizi langsung harus terus menerus dan gencar dilakukan di tengah-tengah masyarakat. Di samping itu juga harus dipastikan ilmu yang telah diberikan dapat akan diterapkan langsung oleh ibu-ibu dirumah.

Agar anak-anak mereka mendapatkan gizi yang cukup terutama dalam periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Sehingga angka stunting di Provinsi Kalbar dapat terus ditekan dengan maksimal.

"Kita berharap semua pihak dapat terus bersama-sama berupaya maksimal menekan angka stunting Kalbar," tukasnya.

https://kumparan.com/hipontianak/ipkb-puji-kegigihan-windy-prihastari-tekan-stunting-di-kalbar-22D3tnEkZn8

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations