Isi Kitab Ramayana Lengkap dengan Nama Penulisnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Isi Kitab Ramayana. Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi Isi Kitab Ramayana. Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden

Isi kitab Ramayana menjadi salah satu wawasan yang menarik untuk diketahui dan dipelajari. Dalam isi kitab ini, terdapat cerita tentang sosok Rama yang dikenal gagah perkasa.

Ramayana ini termasuk ke dalam salah satu kisah yang diceritakan dan cukup populer di kalangan umat Hindu. Selain Rama, dalam kitab ini juga dikisahkan tentang Rahwana yang merupakan tokoh antagonis dalam cerita Ramayana.

Mengenal Isi Kitab Ramayana beserta Penulisnya

Ilustrasi Isi Kitab Ramayana. Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden
Ilustrasi Isi Kitab Ramayana. Foto: dok. Unsplash/Aaron Burden

Mengutip dari dalam buku berjudul Ramayana: Fakta Sejarah Nusantara, Santo Saba Piliang (2020: 5), Ramayana dikenal sebagai sebuah kitab suci yang telah mempengaruhi pikiran banyak orang dan kemudian menjadi dasar ajaran Hindu.

Ramayana disebut termasuk sebagai Itihasa atau karya yang merupakan penceritaan tentang suatu kejadian atay sejarah yang pernah terjadi pada zaman dahulu. Kitab ini berisi tentang kisah seorang laki-laki bernama Rama.

Mengutip dari dalam buku berjudul Ajaran-Ajaran Emas Ramayana-Mahabharata, Petir Abimanyu (2014), Ramayana adalah kisah legendaris berasal dari negeri India. Kitab Ramayana ditulis oleh Walmiki yang merupakan seorang Vaishanaca atau pemuja Wisnu dari India pada sekitar tahun 400 SM.

Ramayana berasal dari kata Rama yang berarti menyenangkan, menarik, anggun, cantik, atau bahagia. Sedangkan yana berarti pengembaraan.

Kitab Ramayana terdiri atas tujuh bab atau kanda dan digubah dalam bentuk syair sebanyak 24.000 seloka. Isi Kitab Ramayana adalah perjuangan Rama untuk merebut istrinya kembali yang bernama Dewi Sinta yang dikisahkan diculik oleh Rahwana.

Selama perjuangannya, Rama selalu ditemani oleh sebuah pasukan kera yang dipimpin oleh Sugriwa dan Gunawan Wibisana yang diusir oleh Rahwana yang merupakan kakaknya sendiri. Perjuangan tersebut kemudian menimbulkan peperangan besar dan banyak korban.

Perjuangan Rama membuahkan hasil sebab Rahwana beserta anak buahnya gugur dan Dewi Sinta kembali kepada Rama. Selain itu, Rama juga berhasil kembali ke istananya bersama Laksamana dan pasukannya yang masih bertahan, termasuk pasukan merah. Kemudian Rama dinobatkan sebagai seorang raja.

Baca juga: Pengertian Mahabharata dalam Agama Hindu dan Ringkasan Ceritanya

Dengan mengetahui isi kitab Ramayana beserta penulis dan kisah ringkasnya, wawasan tentang cerita Ramayana dapat berkembang. Biasanya, kisah Ramayana ditampilkan dalam bentuk pertunjukan wayang yang disajikan secara menarik. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/isi-kitab-ramayana-lengkap-dengan-nama-penulisnya-21v55VNUfyU

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations