Jenis-jenis Fitur Media Sosial yang Perlu Diketahui Para Penggunanya
Oleh Berita Terkini
Jenis fitur media sosial. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/ dole777
Jenis fitur media sosial. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/ dole777

Ada berbagai jenis fitur media sosial yang bisa digunakan para pengguna dalam berinteraksi secara online. Mengingat media sosial adalah sebuah media online yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan berbagi.

Tak hanya untuk mengekspresikan diri, media sosial juga menjadi alat bagi marketer untuk melakukan pemasaran. Dengan banyaknya media sosial yang ada saat ini, platform-platform tersebut bisa dibedakan ke dalam beberapa tipe.

Jenis-jenis Fitur Media Sosial

Jenis fitur media sosial. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Alexander Shatov
Jenis fitur media sosial. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Alexander Shatov

Dikutip dari buku Pesan Politik di Media Sosial Twitter, Muqsith (2022: 38), media sosial menjadi sebuah platform dengan berbagai macam jenis dan kegiatan yang dapat pengguna lakukan. Terdapat sejumlah fitur yang dihadirkan oleh platform media sosial.

Mulai dari platform Instagram, YouTube, TikTok, dan Twitter. Berikut ulasan jenis fitur baru di media sosial yang bisa digunakan para pengguna dalam berinteraksi secara online.

1. Instagram

Sekarang, Instagram akan mengeluarkan fitur baru yaitu senyap atau Quiet Mode. Perusahaan menjelaskan fitur itu dikeluarkan untuk membantu pengguna Instagram mengurangi kebiasaan begadang akibat kecanduan ber-Instagram.

Dengan fitur ini, semua notifikasi Instagram tidak muncul hingga status tersebut dimatikan. Ketika dinyalakan, pengikut yang sedang berkirim pesan dengan pemilik akun via direct message akan mendapat notifikasi Quite Mode tersebut.

Selain itu, Instagram juga baru memperbarui regulasi child safety control. Dengan demikian, orang tua dapat mengetahui apabila anak mereka mengubah pengaturan Instagram anak dan melihat akun apa saja yang mereka blokir.

2. YouTube

Aplikasi ini baru saja memperbarui fitur Community Guidelines. Perbaruan ini bertujuan untuk memberikan keterbukaan dan membuat pembuat konten memahami alasan video mereka diturunkan atau dihapus (takedown) saat dilaporkan oleh penonton.

3. TikTok

TikTok akan memberi tanda kepada akun yang dikelola oleh pemerintah. Kebijakan ini dikeluarkan untuk menepis tudingan bahwa TikTok berafiliasi dengan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Sejumlah media pemerintah yang diketahui sudah diberi tanda oleh TikTok adalah Rusia, Ukraina dan Belarusia. Aplikasi yang dikelola oleh ByteDance tersebut berencana memperluas kebijakan tersebut kepada 40 negara.

4. Twitter

Berbagai fitur baru hadir sejak Twitter dipimpin oleh Elon Musk. Salah satunya, fitur bookmark yang kini bisa muncul di lini masa (timeline).

Fitur lainnya yaitu penambahan kontributor catatan komunitas dari tiga negara, yakni Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru. Catatan komunitas ini berfungsi menambah konteks terhadap cuitan-cuitan yang bisa menyesatkan.

Baca juga: 8 Etika dalam Ber-email yang Baik dan Benar

Itulah jenis-jenis fitur media sosial yang bisa digunakan para pengguna dalam berinteraksi secara online. Tidak akan berhenti sampai di sana, fitur-fitur tersebut akan terus diperbaruhi. (Gin)

https://kumparan.com/berita-terkini/jenis-jenis-fitur-media-sosial-yang-perlu-diketahui-para-penggunanya-21bkPIAPOC1

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations