Jokowi ke IKN Groundbreaking Rumah Sakit, Bandara, hingga Kantor BI
Jokowi maraton groundbreaking di IKN, mulai dari rumah sakit, bandara, hingga Kantor BI dan BPJS Ketenagakerjaan. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kanan) didampingi Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kedua kiri) Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) Mensesneg (kiri) menekan tuas saat ground breaking. Foto: Hafidz Mubarak A/Antara Foto
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kanan) didampingi Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kedua kiri) Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) Mensesneg (kiri) menekan tuas saat ground breaking. Foto: Hafidz Mubarak A/Antara Foto

Presiden Jokowi pekan ini berkunjung ke IKN Nusantara untuk melakukan groundbreaking sejumlah proyek. Proyek yang diresmikan pembangunannya oleh Jokowi antara lain Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Bank Indonesia (BI), Bandara VVIP IKN, sampai gedung sekolah.

Jokowi juga melakukan groundbreaking Superblok Pakuwon, yakni Superblok yang berkonsep apartemen, mal, dan hotel yang berada dalam satu kawasan. Kemudian juga groundbreaking dua rumah sakit, Rumah Sakit Mayapada dan Rumah Sakit Hermina.

Rencananya, Jokowi bakal terus melakukan groundbreaking pembangunan fasilitas umum di IKN Nusantara di bulan Desember nanti.

"Kepala Otorita sudah menyampaikan Bulan Desember saya diperintahkan untuk ke sini lagi karena akan ada groundbreaking 8 sampai 9 lagi yang baru akan memulai dan kita berharap ini akan terus meramaikan Ibu Kota Nusantara kita," ujar Jokowi saat groundbreaking Superblok Pakuwon Nusantara, Rabu (1/11).

Jokowi menyebut, total investasi di IKN tahun ini mencapai Rp 45 triliun. Pemerintah menang sedang mengebut pembangunan IKN Nusantara.

"Yang lalu kita groundbreaking senilai Rp 23 triliun. Kemudian hari ini dan besok kira-kira Rp 12 triliun. Kemudian nanti Desember (2023) totalnya jadi Rp 45 triliun. Saya kira kecepatannya cepat sekali," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan saat ini banyak investor asing seperti dari Singapura yang sudah ancang-ancang ikut investasi di kawasan IKN. Selain itu, ia menyebut ada juga 30 investor dari Korea Selatan, 30 investor dari Jepang, Malaysia, dan Uni Emirat Arab. Namun, Jokowi meminta agar investor luar negeri direm dulu.

"Tapi kalau mentok dan sudah tidak ada (investor lokal), kita akan keluarkan jurus yang dari luar. Karena sudah beberapa bulan yang lalu dari Singapura ada 130 investor datang. Coba dari Singapura jauh-jauh ke sini melihat kalau enggak berminat untuk apa?" tutur Jokowi.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/jokowi-ke-ikn-groundbreaking-rumah-sakit-bandara-hingga-kantor-bi-21VI4ZyOS2j

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations