Jokowi Resmikan SPAM Semarang Barat, PSN Kedua Garapan WIKA di 2024
Operasional Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat akan meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) atau setara 350.000 jiwa.
Presiden Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat, Proyek Strategis Nasional (PSN) kedua garapan WIKA di 2024. Foto: dok. WIKA
Presiden Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat, Proyek Strategis Nasional (PSN) kedua garapan WIKA di 2024. Foto: dok. WIKA

PT Wijaya Karya (WIKA) telah menyelesaikan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (23/1).

Proyek ini dibangun oleh Kementerian PUPR dengan menunjuk WIKA-Gemilang (KSO) sebagai kontraktor pelaksana untuk paket pekerjaan Jaringan Distribusi Utama (JDU).

Kehadiran SPAM Semarang Barat diharapkan dapat menjawab permasalahan ketersediaan air bersih dan penurunan permukaan tanah di kota Semarang. Operasional SPAM ini juga akan meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) atau setara 350.000 jiwa.

Air minum tersebut akan didistribusikan melalui JDU Bambankerep, Manyaran 1, Manyaran 2, dan Desel, dengan panjang total 50,4 km. Jangkauannya mencakup tiga kecamatan meliputi Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan, dan Tugu.

"Saya titip agar SPAM ini dikelola dengan baik, dipastikan dapat berfungsi dengan baik untuk membantu masyarakat memperoleh air bersih dengan harga terjangkau dan berkesinambungan," ujar Jokowi.

Bagi WIKA, SPAM Semarang Barat merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) kedua garapan perseroan yang diresmikan Presiden Jokowi pada tahun 2024. Proyek yang diresmikan sebelumnya adalah Bendungan Karian, Banten.

Direktur Operasi I WIKA, Hananto Aji, menyampaikan bahwa ini membuktikan tekad kuat perseroan untuk menyelesaikan proyek yang telah dipercayakan oleh pemerintah.

"Kepercayaan ini dijawab WIKA dengan project delivery yang baik sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal," ungkap Hananto.

Dalam acara peresmian, Jokowi turut didampingi oleh Ibu Iriana Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Ganadi Sadikin, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, sekaligus Hananto.

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparanbisnis/jokowi-resmikan-spam-semarang-barat-psn-kedua-garapan-wika-di-2024-222FoinE488

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations