Jokowi: Sasaran Kinerja BPKP Bukan Cari Kesalahan, tapi Cegah Penyimpangan
Presiden Jokowi mengingatkan tugas BPKP bukan mencari kesalahan. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Presiden Jokowi berpidato dalam Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah, Istana Negara, 22 Mei 2024 Foto: Youtube/@ Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi berpidato dalam Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah, Istana Negara, 22 Mei 2024 Foto: Youtube/@ Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meningkatkan kinerjanya. Ia mengingatkan tugas BPKP bukan mencari kesalahan.

"Sasaran kinerja BPKP dan pengawas internal itu bukan untuk mencari kesalahan tapi mencegah penyimpangan-penyimpangan," kata Jokowi saat rapat koordinasi nasional pengawasan intern pemerintah tahun 2024 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/5).

Jokowi meminta BPKP memberikan arahan yang benar diawal terkait proyek yang akan dijalankan di pemerintahan. Ia tidak mau BPKP seperti memasang jebakan sehingga proyek yang dijalankan malah ditemukan penyimpangan.

"Mestinya diberikan arahan yang benar, tuntuan yang tepat, bukan memasang jebakan, diemin aja, mestinya dibenerkan diawal, ini keliru, jangan terbalik," ujar Jokowi.

"Fokusnya bukan berapa banyak yang ketahuan melakukan penyimpangan, tapi berapa banyak yang bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat dari program-program pemerintah," tambahnya.

Jokowi mengakui dengan besarnya program dan belanja pemerintah membuat tuntutan masyarakat juga tinggi. Tuntutan itu bisa dilihat dari persoalan-persoalan terkait pemerintah yang diviralkan masyarakat.

"Oleh sebab itu BPKP harus inovasi utamanya penggunaan teknologi," tutur Jokowi.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/jokowi-sasaran-kinerja-bpkp-bukan-cari-kesalahan-tapi-cegah-penyimpangan-22mtAANu6BB

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations