Kalbar Sepekan: Korupsi Bank Kalbar Singkawang Terbongkar; Penyelundupan Sabu
Oleh Hi Pontianak
Personel Kodam XII/Tpr mengamankan seorang kurir yang membawa 11 kg sabu. Foto: Dok. Kodam XII/Tpr
Personel Kodam XII/Tpr mengamankan seorang kurir yang membawa 11 kg sabu. Foto: Dok. Kodam XII/Tpr

Hi!Pontianak - Sejumlah peristiwa terjadi selama sepekan terakhir di Kalimantan Barat. Peristiwa itu mulai dari kasus korupsi Bank Kalbar Singkawang terbongkar hingga penyelundupan sabu berhasil digagalkan.

Berikut Kalbar Sepekan yang dihimpun tim Hi!Pontianak:

1. Kejati Kalbar Bongkar Korupsi di Bank Kalbar Singkawang, Mantan Kacab Tersangka

Kejaksaan Tinggi Kalbar telah menetapkan 5 orang tersangka terkait kasus korupsi dalam penyaluran fasilitas Kredit Modal Kerja Biasa (KMKB) di Bank Kalbar cabang Singkawang yang disalurkan kepada debitur CV Mahakarya Perkasa sebesar Rp 2 miliar pada tahun 2016.

Dari 5 orang tersangka yang ditetapkan, 3 di antaranya pegawai Bank termasuk Pimpinan Bank Kalbar cabang Singkawang tahun 2016.

"Tim penyidik telah melakukan gelar perkara dan pada 26 Oktober 2023 telah menetapkan lima orang tersangka. Dari Kelima orang tersangka tersebut diantaranya DS, Kepala Bank Kalbar cabang Singkawang tahun 2016," ungkap Kepala Kejati Kalbar, Muhammad Yusuf, saat press release pada Jumat 27 Oktober 2023.

2. Mau ‘Hedon’, Kepala Cabang di Kubu Raya Gelapkan Uang Penjualan 22 Ton Pupuk

Seorang pria berinisial MF (33) ditangkap tim Jatanras Satreskrim Polres Kubu Raya. Ia ditangkap karena menggelapkan uang penjualan pupuk seberat 22 ton senilai ratusan juta rupiah.

Kasubsi Penmas Humas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade, mengungkapkan tersangka merupakan direktur wilayah (kepala cabang) sebuah perusahaan pupuk. Kemudian, dari hasil audit perusahaan ditemukan kejanggalan, di mana terdapat kerugian mencapai Rp 258 juta.

''Tersangka ditangkap pada 3 Oktober 2023 sore, setelah sebelumnya perusahaan membuat laporan," kata Ade, Jumat, 27 Oktober 2023.

3. Napi Lapas Pontianak yang Kabur Saat Asimilasi Tertangkap di Toba

Napi Lapas Pontianak, Isay Heri yang kabur saat mengikuti asimilasi tertangkap di Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat pada Selasa, 24 Oktober 2023. Warga binaan yang miliki nama lain ‘Tikus’ ini kabur saat sedang kerja halaman luar pada 31 Januari 2023.

“Program asimilasi yang diberikan sudah melalui prosedur yang berlaku, sesuai dengan Permenkumham Nomor 7 tahun 2022 Tentang tata cara pemberian hak hak Narapidana,” jelas Kalapas Pontianak, Julianto Budhi Prasetyono.

Menurutnya, Isay Heri alias tikus sebelumnya divonis hukuman 9 tahun atas kasus pencurian. Setelah berhasil kabur, Lapas Pontianak terus berkoordinasi dengan Kepolisian Resort Kabupaten Sanggau dan Kepolisian Sektor Toba untuk membantu melakukan proses pencarian, karena menurut informasi yang bersangkutan merupakan Warga Sanggau Kalimantan Barat.

4. Lansia yang Tenggelam di Sungai Sekadau Saat Cari Ikan Ditemukan Meninggal

Seorang lansia bernama Derani (65) yang dilaporkan tenggelam di Sungai Sekadau saat mencari ikan ditemukan meninggal, Senin, 23 Oktober 2023. Jasad warga Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, itu ditemukan sekitar pukul 15.07 WIB.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, melalui Kasi Humas Polres Sekadau, Iptu Agus Junaidi, mengungkapkan setelah dilakukan pencarian korban ditemukan tidak jauh dari lokasi sampannya ditemukan.

"Proses pencarian melibatkan tim gabungan dari Sat Samapta Polres Sekadau, BPBD Sekadau, dan SAR Sintang dengan dibantu masyarakat setempat," ujarnya.

5. TNI AD Gagalkan Upaya Penyelundupan 11 Kg Sabu di Perbatasan Malaysia

Personel Kodam XII/Tpr dari Deninteldam XII/Tpr berhasil menggagalkan upaya penyelundupan diduga narkoba jenis sabu seberat 11 kilogram di perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di areal perkebunan kelapa sawit, Desa Semunying Jaya, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Ade Rizal Muharram, mengatakan narkotika tersebut diamankan dari seorang kurir berinisial LRS (40) asal NTT. Ia diketahui bekerja di Camp Rimbunan Hijau Perusahaan perkebunan Kelapa Sawit, Kampung Selampi, Lundu, Serawak Malaysia.

Informasi yg didapat dari Dandeninteldam XII/Tpr Letkol INF Abu Hanifah menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi yang diterima dari masyarakat, bahwa akan ada pengiriman sabu lewat jalur tikus di wilayah Desa Semunying Jaya.

"Kemudian informasi tersebut ditindaklanjuti oleh Dandenintel selaku Dansatgas SGI dengan mengerahkan personel gabungan dari Deninteldam XII/Tpr dan Tim II/Bengkayang Satgas Intelijen Kogasgabpamwiltas Darat XII/Tpr," jelasnya, Minggu, 29 Oktober 2023.

https://kumparan.com/hipontianak/kalbar-sepekan-korupsi-bank-kalbar-singkawang-terbongkar-penyelundupan-sabu-21Tl0MhCSOo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations