Kalbar Sepekan: Prada Y Didakwa Pembunuhan Berencana; Diskotek Angel Ditutup
Oleh Hi Pontianak
Prada Y menjalani sidang perdana di Pengadilan Militer Pontianak. Foto: Fajar Bahari/Hi!Pontianak
Prada Y menjalani sidang perdana di Pengadilan Militer Pontianak. Foto: Fajar Bahari/Hi!Pontianak

Hi!Pontianak - Sejumlah peristiwa terjadi selama sepekan terakhir di Kalimantan Barat. Peristiwa itu mulai dari Prada Y didakwa pembunuhan berencana hingga diskotek angel Sintang ditutup permanen.

Berikut Kalbar Sepekan yang dihimpun tim Hi!Pontianak:

1. Prada Y Didakwa Lakukan Pembunuhan Berencana Terhadap Sri Mulyani

Prajurit Dua (Prada) Y didakwa melakukan pembunuhan berencana dan penganiayaan terhadap mantan kekasihnya, Sri Mulyani. Ia terancam hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Hal tersebut terungkap pada sidang perdana kasus pembunuhan terhadap Sri Mulyani, di Pengadilan Militer Pontianak, Kamis, 14 September 2023.

Prada Y dikenakan pasal berlapis, karena telah melakukan pembunuhan berencana. Dalam sidang turut dihadirkan 5 dari 14 saksi yang diperiksa dalam kasus ini.

Oditur Militer mengenakan pasal 340 KUHP, tentang pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati, dan pasal penganiayaan.

2. Diskotek Angel Sintang Tutup Permanen, Buntut Gadis Muda Tewas Dicekoki Narkoba

Setelah disegel oleh massa pada 20 Agustus 2023 lalu, akses masuk menuju Angel Hall & Lounge Hotel My Home Sintang akhirnya dibuka kembali, pada Rabu 13 September 2023.

Penyegelan itu imbas dari kasus kematian Yolanda, gadis muda dari Ketungau Hilir, yang tewas seteleh dicecoki narkoba saat karaoke.

Karena penyegalan dilakukan dengan ritual adat, maka pembukaan segel juga dilakukan dengan ritual adat oleh Tumenggung. Hadir Bupati Sintang Jarot Winarno, Wakil Bupati Sintang Melkianus, Kapolres Sintang, Dandim Sintang, serta Aliansi Masyarakat Sintang Peduli Generasi Muda, Dewan Adat Dayak (DAD) Sintang, serta Laskar Pemuda Melayu Kabupaten Sintang.

Pembukaan segel dan akses masuk dilakukan, setelah adanya kesepakatan antaran Aliansi Masyarakat Sintang Peduli Generasi Muda, DAD Sintang, Ketemenggungan Kabupaten Sintang, Laskar Pemuda Melayu Kabupaten Sintang, Pemkab Sintang, serta CV Hotelindo Persada Utama, yang menaungi Hotel My Home Sintang, besarta unit usahanya.

Meski akses masuk sudah dibuka, diskotek Angel tetap ditutup oleh Pemda Sintang. Penutupan itu sesuai dengan Surat Bupati Sintang Nomor: 360/5786/SATPOL-PP-B tentang penutupan diskotek Angel.

3. Bandar Narkoba di Pontianak COD Sabu 2 Kg, Ternyata Pembelinya Polisi

Seorang bandar narkoba di Pontianak Timur, berinisial RD, tertangkap tangan saat hendak menjual sabu sebanyak 2 kilogram secara janji temu atau cash on delivery (COD). Ternyata calon pembelinya adalah personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar yang sedang menyamar.

“Penangkapannya melalaui operasi tangkap tangan, dengan cara anggota kami menyamar sebagai pembeli atay undercover buy. Pada 7 September 2023. Ketika RD menyerahkan dua bungkus yang berisi narkotika jenis sabu seberat 2 kilogram, yang bersangkutan langsung ditangkap,” ungkap Direktur Resnarkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Thelly Iskandar Muda, saat jumpa pers di Polda Kalbar, Rabu, 13 September 2023.

Selain itu, Direktorat Resnarkoba Polda Kalbar juga mengamankan sabu seberat 5,5 kilogram di wilayah Sanggau. “Pada 31 Agustus 2023, pukul 06.00 WIB, tim Interdiksi Terpadu Kalbar melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki berinisial AS di pinggir jalan, tepat di depan SPBU Kecamatan Beduai, Sanggau. Setelah dilakukan penggeledahan, ditemukan barang bukti berupa 5 bungkus plastik warna hijau, bertuliskan GUANYINGWANG yang dilakban warna abu-abu, berisi sabu dengan berat 5.567,30 gram, atau sekitar 5,5 kg,” tambah Thelly.

4. 2 Kelompok Pemuda di Singkawang Saling Serang, Polisi Amankan 6 Remaja

Sekelompok pemuda melakukan penyerangan terhadap kelompok pemuda lainnya di warung kopi di Singkawang, Senin dini hari, 11 September 2023. Aksi di warkop ini merupakan balas dendam usai terjadi penyerangan di Jalan Nasional di Singkawang.

Akibat peristiwa itu, beberapa pemuda dari kedua kelompok tersebut mengalami luka-luka. Bahkan, aksi penyerangan di warkop terekam kamera CCTV.

Wakapolres Singkawang, Kompol Indra Asrianto, mengatakan pihaknya telah mengamankan enam pelaku penyerangan. Satu di antara pelaku diketahui masih di bawah umur.

5. 2 Kasus Radang Otak di Sintang akibat Gigitan Nyamuk Culex

Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang menemukan dua kasus radang otak yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus Japanese Encephalitis (JE). Virus ini ditularkan oleh nyamuk Culex.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Darmadi, mengungkapkan bahwa kasus ini pertama kali dideteksi di Jalan Kelam.

“Waktu pertama ke rumah sakit, virus ini tidak terdiagnosa karena tidak sampai pada pemeriksaan laboratorium. Ketika dirujuk ke Pontianak juga tidak terdiagnosa. Setelah berobat ke Kuching, ternyata terkena Japanese Encephalitis (JE),” ungkap Darmadi, Jumat, 15 September 2023.

Menurut Darmadi, kasus tersebut sudah cukup lama. Yang mengalaminya adalah pelajar. “Soal di mana dia terkena gigitan itu, kita tidak tahu. Yang jelas dia tidak pernah ke mana-mana karena anak MTsN,” jelasnya.

https://kumparan.com/hipontianak/kalbar-sepekan-prada-y-didakwa-pembunuhan-berencana-diskotek-angel-ditutup-21D8b5a7YCL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations