Kampung Nelayan Modern Ditarget Dongkrak Pendapatan Warga Rp 14,89 M per Tahun
KKP targetkan pendapatan warga di Biak Numfor Papua bisa melesat Rp 14,89 miliar per tahun melalui program Kampung Nelayan Modern. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Foto udara sejumlah perahu nelayan diparkir saat tidak melaut di kampung nelayan. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Foto udara sejumlah perahu nelayan diparkir saat tidak melaut di kampung nelayan. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan pendapatan warga di Biak Numfor Papua bisa melesat Rp 14,89 miliar per tahun melalui program Kampung Nelayan Modern.

Pendapatan tersebut meningkat dari yang semula hanya Rp 1,4 miliar per tahun. Biak Numfor Papua sendiri telah diresmikan menjadi kampung modern nelayan sejak November 2023 lalu dengan gelontoran anggaran dari pemerintah mencapai Rp 22,11 miliar.

"Kondisi sebelum intervensi dengan perahu motor tempel dua mesin, pendapatan sekitar Rp 5 juta, dengan mengoptimalkan intervensi dari pemerintah pendapatan sebulan Rp 17 juta," kata Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, A. Rita Tisiana dalam rilis resmi KKP, dikutip Sabtu (9/12).

"Namun semua itu tergantung dari masyarakat, apakah mereka bisa mengoptimalisasi bantuan itu, kami akan terus melakukan pendampingan," sambungnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Trian Yunanda merinci, pendanaan kampung modern Rp 22,11 miliar tersebut digunakan untuk pembangunan fasilitas pokok produksi perikanan berupa dermaga dan tambatan perahu, jalan akses dan jalan kawasan, instalasi air bersih, IPAL dan MCK, penerangan, gardu pandang, shelter pendaratan, turap beton dan pedestrian.

Kemudian pembangunan fasilitas pengusahaan perikanan berupa kantor koperasi pengelola, pabrik es portabel kapasitas 3 ton, gudang beku portabel kapasitas 10 ton, sarana perbaikan kapal (dock shipyard), sentra kuliner, kios persediaan, bengkel nelayan, kendaraan berpendingin roda 4.

Ilustrasi kampung nelayan. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan
Ilustrasi kampung nelayan. Foto: Faiz Zulfikar/kumparan

Untuk bantuan sarana penangkapan ikan juga dilakukan pemberian berupa kapal penangkapan ikan dan mesin sebanyak 20 unit, mesin yamaha 15 PK sebanyak 5 unit, API gillnet monofilamen sebanyak 51 unit, API handline sebanyak 228 unit, serta coolbox sebanyak 120 unit.

"Pemerintah hadir melalui kampung nelayan modern dengan berbagai intervensi, harapannya dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan nelayan, serta kesejahteraan rumah tangga perikanan," kata Trian.

Adapun komoditas unggulan di Biak Numfor adalah ikan tuna jenis Yellow Fins dengan rata-rata produksi 1,1 juta ton per tahun. Hasil perikanan tangkap di sana dikirim untuk memenuhi pasar ekspor dengan tujuan utama mulai dari Jepang, China, dan Amerika.

Dengan dukungan program Kampung Nelayan Modern dari pemerintah pusat ini, diharapkan kinerja ekspor semakin meningkat dan mampu berkontribusi menyumbang pendapatan devisa negara Rp 17 triliun per tahun.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/kampung-nelayan-modern-ditarget-dongkrak-pendapatan-warga-rp-14-89-m-per-tahun-21jcabJySOH

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations