Kata Bahlil, Ini Deretan Sektor yang Ingin Dimonopoli Orang Jakarta
Keplaa BKPM, Bahlil Lahadalia menyebut pengusaha asal Jakarta kerap memonopoli usaha di daerah, mulai dari sektor tambang hingga sawit. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia di Gedung BKPM, Jumat (28/4/2023). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia di Gedung BKPM, Jumat (28/4/2023). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebut pengusaha asal Jakarta kerap memonopoli usaha di daerah, mulai dari sektor tambang hingga sawit. Ia menyebut hal ini membuat banyak orang daerah menjadi tamu di negerinya sendiri.

"Wajib hukumnya kolaborasi dengan pengusaha daerah dan UMKM-UMKM daerah. Orang daerah harus dijadikan tuan di negerinya, dia tidak boleh jadi tamu di negerinya sendiri," kata Bahlil, dalam acara pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) perseorangan di Pekanbaru Riau, Kamis (10/8).

Bahlil juga menyinggung pengusaha asal Jakarta yang banyak menguasai aset-aset strategis di daerah, mulai tambang sampai sawit.

"Yang kaya tidak boleh itu-itu saja. Orang Jakarta ini semua dimonopoli, tambang mau, sawit mau, pasir mau, terus orang daerah mau di mana," tegas Bahlil.

Untuk itu Kementerian Investasi/BKPM membuat kebijakan melalui peraturan menteri bahwa setiap investasi yang masuk ke daerah harus melibatkan pelaku usaha setempat. Namun, kata Bahlil, ini perlu andil pemerintah daerah karena menjadi garda terdepan kebijakan tersebut.

"Kalau ini mampu dilakukan Insyaallah kita bisa membawa Indonesia kepada apa yang dicita-citakan pendiri bangsa," kata Bahlil.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/kata-bahlil-ini-deretan-sektor-yang-ingin-dimonopoli-orang-jakarta-20y33Sy3F6K

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations