Keadaan Sosial Pada Masa Perundagian, Keadaan Ekonomi dan Budaya Manusia Purba
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jelaskan Keadaan Sosial Pada Masa Perundagian. Sumber: Unsplash/Jean Beller
Ilustrasi Jelaskan Keadaan Sosial Pada Masa Perundagian. Sumber: Unsplash/Jean Beller

Soal jelaskan keadaan sosial pada masa perundagian dapat ditemukan pada pelajaran sejarah. Kehidupan di bumi tidak langsung modern seperti saat ini. Pada masa kehidupan awal, manusia mengalami tiga buah masa.Salah satunya adalah masa perundagian.

Berbeda dengan masa-masa sebelumnya, manusia purba pada masa perundagian jauh lebih terampil dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Hal ini mempengaruhi keadaan sosialnya. Selain itu, keadaan ekonomi dan budayanya juga ikut terpengaruh.

Jelaskan Keadaan Sosial Pada Masa Perundagian, Ekonomi dan Budaya!

Ilustrasi Jelaskan Keadaan Sosial Pada Masa Perundagian. Sumber: Unsplash/Jean Beller
Ilustrasi Jelaskan Keadaan Sosial Pada Masa Perundagian. Sumber: Unsplash/Jean Beller

Dikutip dari buku New Edition Pocket Book IPS & PKN SMP Kelas VII, VIII & IX, Devy (2017), kata perundagian berasal dari bahasa Bali, yaitu undagi yang artinya seseorang, sekelompok orang, atau segolongan orang yang mempunyai kepandaian atau keterampilan jenis usaha tertentu.

Masa tersebut terdapat pada zaman logam atau periode akhir prasejarah. Berbeda dengan masa berburu dan meramu serta masa bercocok tanam, manusia pada masa ini lebih terampil.

Berbagai usaha dilakukan oleh manusia purba untuk menuju penyempurnaan pada berbagai bidang kegiatan. Pada masa tersebut, manusia purba juga dapat mengolah biji logam menjadi berbagai macam benda.

Lantas apa jawaban yang tepat untuk soal “Jelaskan keadaan sosial pada masa perundagian, ekonomi, dan budaya!”? Berikut penjelasannya.

1. Keadaan Sosial

Kehidupan sosial manusia purba pada masa tersebut semakin teratur. Manusia purba tinggal di tepi pantai, dataran rendah, dan daerah-daerah pegunungan.

Kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan mengakibatkan adanya peningkatan jumlah penduduk. Selain itu muncul desa-desa yang cukup besar karena penggabungan desa-desa kecil.

Pada masa tersebut, kepala desa atau pemimpin akan dipilih melalui musyawarah. Pemimpin dipilih berdasarkan kemampuan dalam berkomunikasi dengan roh nenek moyang.

2. Keadaan Budaya

Keadaan budaya pada masa perundagian juga sangat berkembang pesat. Perkembangan tersebut ditunjukkan melalui keterampilan. Manusia purba pada masa perundagian dapat membuat alat menggunakan logam.

Selain itu, pada masa perundagian juga masih ditemukan peralatan gerabah. Namun peralatan gerabah tersebut menggunakan teknologi yang lebih maju.

3. Keadaan Ekonomi

Pada masa perundagian, keadaan ekonomi masyarakat juga sangat berkembang. Mereka telah mengenal sistem pembagian kerja. Selain itu, rumah pada masa ini tidak semuanya sederhana. Bahkan terdapat rumah yang bertingkat.

Kegiatan ekonomi seperti perikanan, kerajinan tangan, dan pertanian lebih maju. Pada masa ini, manusia purba tertarik untuk berburu. Jika sudah tidak ada buruan, maka mereka akan beralih untuk bercocok tanam.

Baca juga: Masa Bercocok Tanam pada Zaman Manusia Purba

Itulah jawaban dari soal “jelaskan keadaan sosial pada masa perundagian, keadaan ekonomi, dan budaya!”. Dapat disimpulkan bahwa keadaan sosial, ekonomi, dan budaya pada masa perundagian sangat berkembang. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/keadaan-sosial-pada-masa-perundagian-keadaan-ekonomi-dan-budaya-manusia-purba-21cPfpvC1JS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations