Kemenkeu: Gen Z dan Milenial Berperan Penting dalam Menyukseskan Keketuaan ASEAN
Kemenkeu menyadari, milenial dan gen Z punya andil besar dalam pembahasan agenda-agenda Keketuaan ASEAN. Bagaimanapun, pemuda akan mengambil alih pembangunan perekonomian nasional di masa depan.
Dua anak berpakaian tradisional Betawi saat mengikuti acara "kick off" keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto
Dua anak berpakaian tradisional Betawi saat mengikuti acara "kick off" keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Kehadiran Indonesia di agenda internasional makin kuat dari waktu ke waktu. Setelah sukses menyelenggarakan Presidensi G20, kini Indonesia tengah mengambil peran dalam Keketuaan ASEAN 2023 yang resmi dimulai pada 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023.

Mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, rangkaian pertemuan negara-negara di Asia Tenggara ini akan membahas tiga pilar utama: Pilar Politik Keamanan, Pilar Ekonomi, dan Pilar Sosial Budaya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan tema tersebut diangkat karena harapannya ASEAN dapat menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif, serta berkelanjutan.

Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekonomi ASEAN yang tinggi. Pada periode 2010-2019, kawasan Asia Tenggara terus menyumbang 3 persen dari PDB riil dunia.

Pada Pilar Ekonomi, Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia telah membahas berbagai agenda untuk mengatasi tantangan global. Mulai dari sektor Sustainable Finance, Health and Finance Collaboration, Food Security, Financial Integration and Liberalisation, Trade and Investment Facilitation, dan masih banyak lagi.

Kemenkeu menyadari, milenial dan gen Z punya andil besar dalam pembahasan agenda-agenda tersebut. Bagaimanapun, pemuda akan mengambil alih pembangunan perekonomian nasional di masa depan.

Meleknya generasi muda dalam perkembangan teknologi bisa membuat pemerataan digitalisasi di Tanah Air akan semakin terealisasi. Di sisi lain, kesadaran tinggi akan pentingnya konsep keberlanjutan serta inklusivitas membuat generasi muda mampu berkontribusi terhadap pemulihan dan pembangunan ekonomi. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di mata dunia.

Lantas, langkah-langkah apa yang perlu diambil milenial dan gen Z dalam menyukseskan Keketuaan ASEAN 2023? Bagaimana agar kontribusi generasi muda dalam mengatasi isu-isu tersebut dapat terealisasi dengan tepat?

Webinar ASEAN untuk Anak Muda Indonesia. Foto: kumparan
Webinar ASEAN untuk Anak Muda Indonesia. Foto: kumparan

Simak jawabannya di Webinar ASEAN untuk Anak Muda Indonesia, 14 Agustus 2023, live di Youtube kumparan dan aplikasi Zoom.

Bersama Analis Kebijakan Ahli Muda, Dewa Putu Ekayana, webinar ini akan membahas lebih dalam soal Keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2023 serta hasil konkret pembahasan agenda utamanya di Jalur Keuangan dan KTT ASEAN.

Akan ada hadiah uang tunai untuk penanya yang beruntung. Jadi, catat tanggalnya dan jangan sampai ketinggalan ya!

Advertorial ini dibuat oleh kumparan Studio

https://kumparan.com/kumparanbisnis/kemenkeu-gen-z-dan-milenial-berperan-penting-dalam-menyukseskan-keketuaan-asean-20yDGrxYnke

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations