Kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ dalam Dunia Psikologi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ, sumber: unsplash/ClaytonnWeb
Ilustrasi kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ, sumber: unsplash/ClaytonnWeb

Kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ perlu diketahui untuk mengenal lebih dalam seluk beluk karakteristik seseorang. IQ, EQ, SQ, dan PQ secara umum dipelajari dalam ilmu psikologi.

Keempat istilah tersebut mengacu pada berbagai jenis kecerdasan yang menggambarkan elemen-elemen berbeda terkait kapasitas manusia dari kacamata psikologi.

Kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ

Ilustrasi kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ, sumber: unsplash/AnnieSpratt
Ilustrasi kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ, sumber: unsplash/AnnieSpratt

Mengutip buku Tes Kemampuan IQ dan Intelegensi SD oleh Aris Handika (2015), tes kecerdasan bertujuan untuk mengetahui kemampuan terkait kognitif, emosional, minat, bakat, ketelitian, kreativitas, kecermatan, dan ketelitian seseorang. Adapun kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ beserta karakteristiknya yakni sebagai berikut:

1. IQ (Intelligence Quotient)

IQ adalah singkatan dari Intelligence Quotient. Elemen ini mengukur kecerdasan intelektual seseorang yang berkaitan dengan ketrampilan pemecahan masalah, berpikir logis, analisis, hingga kemampuan belajar.

IQ umumnya diukur melalui berbagai tes standar untuk mengetahui tingkat kemampuan verbal dan nonverbal. Jenis kecerdasan ini mampu mengindikasikan sejauh mana seseorang mampu memroses informasi dan menyelesaikan masalah-masalahnya yang membutuhkan kecerdasan kognitif.

2. EQ (Emotional Quotient)

EQ adalah singkatan dari Emotional Quotient. Kecerdasan ini mengacu pada kecerdasan emosional atau kapasitas untuk mengelola, memahami, dan menggunakan emosi dengan efektif.

Tidak hanya itu, EQ yang dimiliki seseorang juga dapat menggambarkan kesadaran emosional, empati terhadap orang lain, kemampuan mengatur emosi pribadi, dan keterampilan dalam berkomunikasi secara emosional. Orang yang memiliki EQ tinggi umumnya lebih mudah beradaptasi dalam hubungan sosial.

3. SQ (Spiritual Quotient)

SQ adalah akronim dari Spiritual Quotient. Jenis kecerdasan ini mencerminkan kepandaian spiritual atau rohaniah dalam diri seseorang. Kecerdasan ini turut melibatkan pemahaman nilai-nilai, tujuan hidup yang mendalam.

Kecerdasan spiritual membantu seseorang menjalani hidup dengan tujuan yang lebih besar, memahami keterkaitan dengan sesama manusia, dan mencari makna di luar aspek materi.

4. PQ (Physical Quotient)

PQ atau Physical Quotient mengacu pada kecerdasan atau kemampuan fisik seseorang. Contohnya, seperti kebugaran, kesehatan fisik, koordinasi gerak, dan kesadaran terhadap menjaga kesehatan tubuh. Merawat tubuh dengan baik dan mengetahui apa yang dibutuhkan tubuh juga termasuk bagian dalam PQ.

Baca juga: Aplikasi Tes IQ, Bantu Tes Kecerdasan Lebih Akurat

Itulah kepanjangan dari IQ, EQ, SQ, dan PQ. Keempat aspek kecerdasan tersebut memiliki karakteristik masing-masing yang membutuhkan keseimbangan dalam hidup individu. Jika ingin mengetahui tingkat IQ, EQ, SQ, dan PQ diri sendiri, maka bisa melakukan tes yang didampingi psikolog profesional. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/kepanjangan-dari-iq-eq-sq-dan-pq-dalam-dunia-psikologi-21dkT6tj2Bo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations