KPU soal Debat di Kampus: Anies, Ganjar dan Prabowo Belum Siapa-siapa, Silakan
"Karena itu Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo masih bebas silaturahim. Aktivitas tersebut tidak masuk kategori pelanggaran pemilu," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Konferensi pers KPU setelah menerima berkas dokumen perbaikan bakal calon legislatif di Kantor KPU, Jakarta, Senin (10/7).  Foto: Dok. KPU
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Konferensi pers KPU setelah menerima berkas dokumen perbaikan bakal calon legislatif di Kantor KPU, Jakarta, Senin (10/7). Foto: Dok. KPU

KPU menanggapi rencana Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) untuk menggelar acara debat bagi seluruh bacapres.

Sejauh ini, ada tiga nama bacapres yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, tiga sosok itu belum terdaftar sebagai bacapres.

"Dalam pandangan saya, Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo, belum siapa-siapa dalam konteks Pemilu Presiden (Pilpres) 2024," kata Hasyim dalam keterangannya, Kamis (24/8).

"Mengapa demikian? Karena pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 belum terjadi, dan akan dilakukan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 nanti bulan Oktober 2023," tambah dia.

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Foto: kumparan
Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Foto: kumparan

KPU menjelaskan, dalam konteks pencalonan, terdapat tiga tahapan yaitu rekrutmen dan seleksi di internal partai, dan kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024 oleh partai politik ke KPU (nomination).

"Seseorang disebut sebagai bakal calon bila orang itu didaftarkan oleh parpol ke KPU, dan seseorang disebut sebagai calon pada saat dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan ditetapkan calon tetap sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden," jelas Hasyim.

KPU menuturkan, saat ini masih bulan Agustus 2023, belum masuk tahapan pendaftaran bakal pasangan calon Pilpres 2024.

"Jangankan jadi calon, sebagai bakal calon presiden saja belum," kata Hasyim.

"Karena itu Mas Anies, Mas Ganjar dan Pak Prabowo masih bebas silaturahmi, diskusi dan debat dengan siapa pun, dan bertempat di mana saja, termasuk di dalam kampus. Aktivitas tersebut tidak masuk kategori pelanggaran pemilu," tutup Hasyim.

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang usai konferensi pers serikat buruh, tani dan mahasiswa di depan Gedung DPR, Jakarta, Minggu (26/3). Foto: Zamachsyari/kumparan
Ketua BEM UI Melki Sedek Huang usai konferensi pers serikat buruh, tani dan mahasiswa di depan Gedung DPR, Jakarta, Minggu (26/3). Foto: Zamachsyari/kumparan

Sebelumnya, undangan debat ini diberikan Ketua BEM UI Melki Sedek Huang setelah MK memutuskan untuk mengizinkan institusi pendidikan mengundang para calon presiden dengan catatan tidak menggunakan atribut dan alat peraga.

Melki memanfaatkan celah ini dengan langsung memberikan undangan terbuka kepada Anies Rasyid Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

https://kumparan.com/kumparannews/kpu-soal-debat-di-kampus-anies-ganjar-dan-prabowo-belum-siapa-siapa-silakan-213RgMTyiQz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations