Kunci Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 3.2, Forum Diskusi
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 3.2, Foto: Unsplash/ibnjaafar.
Ilustrasi Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 3.2, Foto: Unsplash/ibnjaafar.

Kunci jawaban eksplorasi konsep modul 3.2 bisa digunakan sebagai panduan dalam menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan Guru Penggerak. Di modul ini, calon Guru Penggerak diminta untuk melakukan studi kasus dengan menghubungkan materi yang sudah didapatkan.

Kasus yang dibahas pada modul 3.2 ini diantaranya adalah kasus Ibu Lilin dalam pembelajaran di kelas. Ibu Lilin merupakan guru SMP favorit yang selalu diincar orang tua. Hal ini dikarenakan, Ibu Lilin bisa membuat siswa-siswanya kompetitif, patuh, dan antusias belajar.

Kunci Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 3.2

Ilustrasi Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 3.2, Foto: Unsplash/Drazen_.
Ilustrasi Jawaban Eksplorasi Konsep Modul 3.2, Foto: Unsplash/Drazen_.

Dikutip dari laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Di sini, calon Guru Penggerak akan mengikuti pelatihan dan pendampingan selama 6 bulan.

Setiap materi pelatihan akan ada soal pemantapan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman yang dimiliki. Berikut adalah kunci jawaban eksplorasi konsep modul 3.2 sebagai forum diskusi kelompok.

Kasus 1

Bagaimana Anda melihat kasus Ibu Lilin ini? Hubungkan dengan segala aspek yang bisa didiskusikan dari materi modul ini, apa yang akan Anda lakukan apabila Anda sebagai Kepala Sekolah.

Jawaban Studi Kasus 1:

Saya melihat kasus bu Lilin sangat bangga mengajar siswa yang suka berkompetisi serta patuh dan tertib. Saat jam kosong para siswa sangat memanfaatkan waktu untuk belajar atau membuat tugas, hal tersebut membuat suasana hati Ibu Lilin bahagia.
Tetapi setelah regulasi zonasi terjadi, Ibu Lilin bawaan hatinnya kesal dan marah karena melihat karakter dan tingkat kepandaian murid-muridnya yang heterogen serta susah di kendalikan. Melihat peristiwa tersebut Ibu Lilin tidak memperhatikan aset yang ada disekolah.
Seharusnya Ibu Lilin menerapkan pembelajaran diferensiasi dengan memerhatikan beberapa strategi pembelajaran seperti diferensiasi konten, proses, maupun hasil serta menerapkan budaya positif dan pembelajran sosial dan emosional.
Ketika peristiwa itu terjadi seharusnya Ibu Lilin melakukan tektik STOP dan melakukan coaching dan mengenali potensi muridnnya. Mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola pembelajaran dikelas dengan kondisi murid yang memiliki keunikan dan karakteristik beragam. Selain itu, melakukan kesepakatan kelas di awal pembelajaran untuk mengetahui kebutuhan belajar murid.
Jika saya menjadi Kepala Sekolah yang saya lakukan terhadap Ibu Lilin adalah mengajak diskusi bersama dengan santai sambil coaching, mengajak melakukan teknik STOP serta menuntun Ibu Lilin untuk mengambil keputusan dengan memahami tiga prinsip, empat paradigma dan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan. sehingga Ibu Lilin dapat menyadari bahwa beliau harus memanfaatkan aset sekolah dengan tidak melihat kekuatan bukan kekurangan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Pre Test Modul 3 Guru Penggerak

Demikian pembahasan kunci jawaban eksplorasi konsep modul 3.2 pada forum diskusi kelompok. Dengan adanya Calon Guru Penggerak ini diharapkan bisa pengajar bagi rekan guru lainnya dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/kunci-jawaban-eksplorasi-konsep-modul-3-2-forum-diskusi-22DDSE67HuE

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations