Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 7 tentang Pancasila
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi kunci jawaban pkn kelas 8 halaman 7, Sumber: Pexels/fatin hisham
Ilustrasi kunci jawaban pkn kelas 8 halaman 7, Sumber: Pexels/fatin hisham

Pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk kelas 8, siswa diminta untuk memahami nilai-nilai luhur yang menjadi pondasi negara Indonesia. Oleh karena itu, siswa perlu mengetahui kunci jawaban PKN kelas 8 halaman 7 tentang Pancasila untuk belajar di rumah.

Dengan mempelajari hal tersebut, siswa dapat memahami bahwa Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia merupakan landasan filosofis yang mengatur nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi pijakan bagi penyelenggaraan negara dan masyarakat.

Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 7

Ilustrasi kunci jawaban pkn kelas 8 halaman 7, Sumber: Pexels/Sumit Mathur
Ilustrasi kunci jawaban pkn kelas 8 halaman 7, Sumber: Pexels/Sumit Mathur

Pembahasan tentang Kunci Jawaban PKN kelas 8 halaman 7 yang mengangkat tema Pancasila memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan pemahaman siswa tentang nilai-nilai yang melekat pada jati diri bangsa Indonesia.

Inilah kunci jawaban PKN kelas 8 halaman 7 tentang Pancasila yang dikutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII Edisi Revisi 2017.

Jawaban Nomor 1

Dasar negara adalah ideologi atau pandangan hidup suatu bangsa yang berperan sebagai landasan utama dalam pembentukan negara.

Jawaban Nomor 2

Pancasila berperan sebagai fondasi utama negara yang menjadi prinsip-prinsip pokok dan arahan bagi masyarakat Indonesia.

Jawaban Nomor 3

Fungsi dasar negara meliputi:

  • Panduan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

  • Pengingat tujuan dan aspirasi negara.

  • Landasan pembentukan negara.

  • Sumber nilai-nilai fundamental.

  • Sumber hukum nasional.

  • Perekat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Jawaban Nomor 4

Dampak buruk akibat ketiadaan dasar negara mencakup:

  • Ketiadaan arah atau panduan hidup bagi negara. Tanpa panduan yang jelas, negara menjadi rentan dan tak memiliki tujuan bersama, visi, atau misi untuk diupayakan secara bersama. Kehilangan identitas ini dapat mengakibatkan keruntuhan.

  • Ketidakmampuan dalam pengaturan urusan negara. Dasar negara berperan penting dalam mengoordinasikan segala aspek kehidupan negara. Jika dasar ini hilang, struktur pemerintahan dan sistem negara berpotensi berantakan.

  • Meningkatnya risiko konflik. Absennya pedoman nilai hidup berpotensi memicu ketegangan sosial, karena tanpa landasan moral yang dipegang oleh masyarakat dan pemerintah, stabilitas negara terancam terganggu.

  • Keterhambatan dalam kemajuan. Negara yang tidak memiliki dasar yang kokoh akan kesulitan dalam mencapai kemajuan. Tanpa visi, cita-cita, atau arah yang jelas, negara akan kesulitan bersatu dalam usaha meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 19 Kurikulum Merdeka sebagai Materi Belajar

Itulah kunci jawaban PKN kelas 8 halaman 7 tentang Pancasila. Dengan memahami esensi dari setiap sila, siswa diharapkan dapat menjadi warga negara yang memiliki sikap, pandangan dan tindakan yang sesuai dengan Pancasila. (RIZ)

https://kumparan.com/berita-terkini/kunci-jawaban-pkn-kelas-8-halaman-7-tentang-pancasila-2147u9YzxYp

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations